Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati Hypermotard 698 Mono Resmi Meluncur, Banderol mulai Rp 213 Juta

Kompas.com - 03/11/2023, 12:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ducati resmi meluncurkan motor dengan mesin satu silindernya, Hypermotard 698 Mono. Motor bergaya supermoto ini dirasa paling cocok jadi yang pertama pakai mesin Superquadro Mono.

Dikutip dari Visordown, Hypermotard 698 Mono merupakan motor pertama Ducati yang pakai mesin satu silinder setelah 30 tahun. Saat itu, Ducati memang pernah punya motor balap dengan mesin satu silinder, namanya Supermono 550.

Bicara soal dapur pacu baru Ducati, disebutkan kalau Superquadro Mono adalah mesin satu silinder paling ekstrem yang pernah dipasang ke motor produksi. Putaran mesinnya bisa tembus 10.250 RPM, diklaim paling tinggi.

Baca juga: Alex Marquez Tidak Sabar Lihat Kakaknya Pakai Motor Ducati

Ducati Hypermotard 698 Mono resmi meluncur, harga mulai Rp 213 jutaanVISORDOWN.com Ducati Hypermotard 698 Mono resmi meluncur, harga mulai Rp 213 jutaan

Teknologi yang dipakai dipinjam dari Panigale V4-R, dipasang ke mesin 659cc satu silinder titisan Panigale 1299. Hasilnya, tenaga tembus 77,5 TK, hampir sama dengan Triumph Trident 660 yang pakai mesin tiga silinder.

Mesin yang buas tentu paling pas dipadukan dengan sasis yang bagus. Makanya Hypermotard pakai rangka trellis yang bobotnya cuma 7,2 Kg, ditambah pelek alloy palang lima model Y dan swingarm aluminium.

Bobot motor ini pun terbilang ringan, cuma 151 Kg kosong, alias tanpa BBM. Fitur lain yang disematkan seperti suspensi depan 45mm yang bisa disetel menyeluruh dari Marzocchi.

Baca juga: Pakai Kelir Merah, PO Jaya Utama Rilis 5 Unit Bus AKAP Baru


Sisi pengereman, mengandalkan Brembo kaliper M4.32 dengan cakram 330mm di depan dan 240mm di belakang. Bukan itu saja, Hypermotard 698 Mono disematkan teknologi canggih, yang bikin pemula jadi seperti pengendara Supermotard.

Fitur canggih tersebut di antaranya Ducati Traction Control, Ducati Wheelie Control, Engine Brake Control, Ducati Power Launch and Ducati Quick Shift (DQS) Up/Down untuk versi RVE.

Lalu ada Cornering ABS dan ABS-nya punya empat setelan,dua di antaranya bisa membuat motor slide saat sedang direm, mengontrol bagian belakang motor.

Ducati Hypermotard 698 Mono resmi meluncur, harga mulai Rp 213 jutaanVISORDOWN.com Ducati Hypermotard 698 Mono resmi meluncur, harga mulai Rp 213 jutaan

Ada empat mode berkendara yang bisa dipilih, Sport, Road, Urban dan Wet. Segala informasi tersebut ditampilkan lewat layar instrument 3,8 inci.

Hypermotard 698 Mono hadir dengan dua pilihan warna, Ducati Red dan RVE dengan livery ala grafiti. Harganya buat yang standar adalah 10.995 Pundsterling atau sekitar Rp 213 jutaan dan versi RVE dibanderol Rp 230 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com