Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Jualan Motor Listrik Desember 2023, AHM Siapkan Diler Khusus

Kompas.com - 02/11/2023, 19:31 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah meluncur pada Agustus lalu bertepatan dengan GIIAS 2023, motor listrik Honda EM1 e: akan mulai didistribusikan ke konsumen pada Desember 2023.

Octavianus Dwi Putro, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, pihaknya telah melakukan persiapan terkait layanan di diler, terutama untuk menangani konsumen motor listrik.

Octa mengatakan, AHM menyiapkan teknisi hingga tenaga penjual khusus motor listrik, melalui diler dengan logo khusus Honda e:.

Baca juga: 4 Jenis Kendaraan Ini Dipastikan Aman dari Tilang Uji Emisi di Jakarta

Ilustrasi Honda EM1 e: di Astra Motor CenterKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi Honda EM1 e: di Astra Motor Center

“Kalau persiapan sudah, sepertinya sudah boleh dilihat, di jaringan kami sudah ada yang dipasang stiker e: Shop, nah itu bagian dari kita mengedukasi jaringan dan pasar. Sebelum nanti pada saatnya kita mulai masif ada di pasar,” ujar Octa di Jakarta, Rabu (1/11/2023).

“Jadi persiapannya bukan hanya di fisik showroom-nya. Seluruh aftersales, termasuk HC3-nya (Honda Customer Care Center), karena menangani kebutuhan konsumen EV itu tentunya ada yang berbeda,” kata dia.

Octa menambahkan, pihaknya akan menyiapkan layanan khusus bagi konsumen motor listrik yang mengalami permasalahan di jalan.

Baca juga: Cerita Pemilik Kijang Kapsul yang Lolos Tilang Uji Emisi

“Karena mungkin isu-isu mengenai baterai, nanti kalau di jalan mogok seperti apa juga penanganannya kita siapkan semua,” ucap Octa.

Ia menambahkan, sekitar puluhan titik diler khusus Honda e: bakal tersedia di sejumlah kota besar di Indonesia.

Menurutnya, diler khusus motor listrik bakal memiliki zona khusus yang akan dedikasikan untuk melayani keperluan motor listrik.

Baca juga: Video Viral Pencurian Ban Serep Mobil Hanya Dalam Hitungan Detik

Motor listrik Honda EM1 e: dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Motor listrik ini telah mengusung Honda Mobile Power Pack e:, yaitu teknologi baterai terbaru yang dapat ditukar dengan mudah, dan bisa melakukan pengisian daya di rumah.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor listrik Honda EM1 e: dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Motor listrik ini telah mengusung Honda Mobile Power Pack e:, yaitu teknologi baterai terbaru yang dapat ditukar dengan mudah, dan bisa melakukan pengisian daya di rumah.

“Tahap awal hampir 100 diler, tapi nanti akan bertahap akan menjangkau semua diler kami. Fokusnya di Jawa dan Bali, karena kesiapannya juga,” kata Octa.

“Kesiapan itu bicara masyarakatnya juga, konsumen itu juga lebih siap di Jawa Bali saat ini. Tapi itu tahapan saja sih, nantinya semua bisa menjual,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com