Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Neta Lakukan IKD Demi Tingkatkan TKDN, Harga Bisa Lebih Kompetitif

Kompas.com - 26/10/2023, 15:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Neta Auto Indonesia (NAI) untuk sementara ini masih melakukan impor secara utuh terhadap produknya. Untuk ke depannya, pabrikan asal China ini akan memproduksi mobil listrik dengan cara Incompletely Knocked Down (IKD).

Fajrul Ilhami, Director of External Affairs and Product PT NAI, mengatakan, ada tiga fase yang akan dilewati oleh PT NAI. Pertama, fase pengenalan. Lalu, ada fase Completely Knocked Down (CKD), dan setelah itu, fase IKD.

Baca juga: Neta V Dirakit Lokal Tahun Depan, Optimis Capai Target 10.000 Unit

"Tidak menutup kemungkinan nanti setelahnya ada tahapan-tahapan pengembangan produk, di mana konten lokal yang akan ditinggikan," kata Fajrul.

Pengumuman harga resmi mobil listrik Neta VKompas.com/Donny Pengumuman harga resmi mobil listrik Neta V

Fajrul mengatakan, fase pengenalan ditujukan untuk Neta V yang saat ini statusnya masih Completely Built Up (CBU). Fase kedua, yakni kuartal II 2024, akan membuat Neta V dan Neta U versi CKD.

"Pada fase IKD, akan ada penambahan local content. Nah, harapannya bisa dapat local content (40 persen), harga bisa lebih di-compress," ujarnya.

Baca juga: Neta Targetkan Buka 10 Diler hingga Akhir 2023

Usai menjajal singkat Neta V di area test drive Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, pada Agustus lalu, Kompas.com kini bekesempatan kencan lebih intim dengan Neta V.KOMPAS.com/Adityo Wisnu Usai menjajal singkat Neta V di area test drive Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, pada Agustus lalu, Kompas.com kini bekesempatan kencan lebih intim dengan Neta V.

"Nanti kita akan hitung ulang (harganya). Artinya, dari tim finance akan mengkalkulasikan kira-kira berapa persen angka penurunannya. Kita belum bisa jawab sekarang, nanti kita akan coba studi lagi terkait dampak insentif itu berapa yang bisa kita tawarkan mengenai harga," kata Fajrul.

Saat ini, PT NAI sedang mengusahakan untuk mengimpor 100 unit Neta V hingga November 2023. Seratus unit tersebut merupakan jatah untuk konsumen yang sudah melakukan transaksi atau membuat Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com