Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asal-usul Nama Motor Listrik Savart, Diambil Dari Ilmuan

Kompas.com - 26/10/2023, 14:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Satu lagi merek asal Indonesia memeriahkan pasar motor listrik di Indonesia, bernama Savart. Merek yang berkantor pusat di Surabaya-Sidoarjo, Jawa Timur ini mengatakan mengembangkan motor sendiri.

Untuk penetrasi awal di pasar otomotif Indonesia, Savart meluncurkan Savart S-1 di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2023. Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk saat ini diklaim mencapai 60 persen.

Baca juga: Taksi Terbang EHang Lolos Standardisasi Uji Tipe, Bakal Mengudara di Indonesia?

William E. Taifan, CEO PT Garda Energi Nasional Indonesia sebagai produsen Savart mengatakan, nama Savart diambil dari nama seorang ilmuan.

Savart resmi meluncurkan Savart S-1 di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2023. KOMPAS.com/Adityo Wisnu Savart resmi meluncurkan Savart S-1 di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2023.

"Savart itu adalah ilmuan yang menemukan korelasi medan magnet dan motor listrik. Jadi dia yang benar-benar dari inti penggeraknya medan listrik, dialiri listrik," ujar William yang ditemui di Tangerang, Rabu (26/10/2023).

Dilansir dari mathshistory, secara ringkas Felix Savart adalah seorang matematikawan Perancis yang bekerja di bidang listrik dan menjelaskan hukum Biot-Savart. Felix Savart lahir pada 30 Juni 1791 dan meninggal 16 Maret 1841 di Perancis.

William sendiri merupakan PhD di bidang Cammical Enginering, sehingga dia memberikan nama yang sesuai dengan jalur studi yang ditempuhnya.

Baca juga: Tertarik Ford Fiesta Bekas, Perhatikan Masalah Transmisinya

William mengatakan, Savart mendesain skuter listrik dari nol dan mengembangkan komponen elektrik serta mekanik sendiri. Perusahaan sudah berdiri sejak 2018 dan selama itu terus mengembangkan motor.

Savart resmi meluncur di Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023 di ICE BSD City, Tangerang. KOMPAS.com/Adityo Wisnu Savart resmi meluncur di Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023 di ICE BSD City, Tangerang.

Untuk membangun Savart, William menjelaskan, pihaknya telah berinvestasi dalam riset dan pengembangan (R&D), berdasarkan kemampuan engineering terbaik dari lulusan universitas terkemuka di Indonesia.

"Untuk memastikan tingkat kualitas yang tinggi, Savart EV menjalin kerja sama dengan produsen cip internasional yang juga memasok komponen untuk perusahaan otomotif global terkemuka seperti Tesla," ujar William.

"Hal ini menggaransi bahwa kualitas produk Savart EV setara dengan yang terbaik di Asia," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com