Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taksi Terbang EHang Lolos Standardisasi Uji Tipe, Bakal Mengudara di Indonesia?

Kompas.com - 25/10/2023, 20:02 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Taksi terbang EHang 216 S yang diperkenalkan ke Indonesia oleh Prestige Aviation, telah mendapatkan Sertifikat Tipe resmi oleh Administrasi Penerbangan Sipil Tiongkok (Civil Aviation Administration of China/ CAAC) pada 13 Oktober 2023.

Sertifikat tersebut membuktikan bahwa desain EH216-S sepenuhnya sesuai dengan standar keselamatan dan persyaratan kelaikan udara CAAC, dan sudah memenuhi syarat untuk melakukan operasi komersial UAV pengangkut penumpang.

Sejak CAAC secara resmi menerima aplikasi EH216-S TC EHang pada Januari 2021, tim EHang bekerja sama dengan CAAC dan tim ahlinya untuk memvalidasi dan memverifikasi teknologi mutakhir yang inovatif dari pesawat tersebut.

Setelah tahapan riset selama lebih dari 1.000 hari, mereka mengatasi semua jenis kesulitan dan tantangan untuk berhasil menyelesaikan semua tujuan sertifikasi tipe, dan membuat kendaraan otonom udara yang layak jalan.

Baca juga: Project Dynamo Jadi Bukti Kolaborasi Ion Mobility dan TVS Motor

Taksi Terbang EHang Lolos Standardisasi Uji Tipe China, Bakal Mengudara di Indonesia?Kompas.com/Daafa Alhaqqy Taksi Terbang EHang Lolos Standardisasi Uji Tipe China, Bakal Mengudara di Indonesia?

Selama proses validasi, EH216-S menjalani uji laboratorium, darat, dan penerbangan yang ekstensif di laboratorium penerbangan profesional dan tempat pengujian di berbagai lokasi di Tiongkok.

Proses validasi tersebut memeriksa komponen, peralatan, dan keseluruhan pesawat untuk mengetahui adanya cacat, kesalahan, dan gangguan yang dibuat sebelumnya selama percobaan laboratorium dan uji coba penerbangan.

Pengalaman dan keahlian CAAC dalam melakukan sertifikasi kelaikan udara EH216-S memberikan 1 referensi penting bagi industri penerbangan global dan memainkan peran penting dalam membentuk peraturan, standar, dan norma untuk sertifikasi kelaikan udara tanpa awak, yang berfungsi sebagai tolak ukur penting bagi industri di seluruh dunia.

Baca juga: Mercedes-Benz Club Indonesia Siap Gelar Jambore Nasional ke-18

Taksi Terbang EHang Lolos Standardisasi Uji Tipe China, Bakal Mengudara di Indonesia? Kompas.com/Daafa Alhaqqy Taksi Terbang EHang Lolos Standardisasi Uji Tipe China, Bakal Mengudara di Indonesia?

Huazhi Hu, Pendiri dan CEO EHang, mengaku bersyukur atas torehan prestasi yang berhasil diperoleh. Dirinya juga mengapresiasi kerja keras dan dukungan total dari tim peneliti.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar -besarnya kepada CAAC, tim ahli, dan semua karyawan EHang atas dedikasi mereka yang tak tergoyahkan,” kaya Hu dalam keterangannya, Rabu (25/10/2023).

Ungkapan selamat juga disampaikan oleh Bambang Soesatyo, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia. Menurutnya, torehan prestasi EHang akan sangat berdampak bagi distribusinya di Indonesia kelak

“Selamat atas keberhasilan EHang dalam memperoleh TC, sehingga keperluan proses kelaiakan udara di Indonesia untuk membawa penumpang, sudah bisa dilakukan,” ucap Bamsoet.

Baca juga: Kawasaki Hadirkan Ninja Edisi 40 Tahun Berbalut Livery Spesial

Taksi Terbang EHang Lolos Standardisasi Uji Tipe China, Bakal Mengudara di Indonesia?Kompas.com/Daafa Alhaqqy Taksi Terbang EHang Lolos Standardisasi Uji Tipe China, Bakal Mengudara di Indonesia?

Ungkapan senada juga disampaikan oleh Rudy Salim, Executive Chairman Prestige Aviation. Dirinya mengaku siap mengejar proses validasi kelaikan kendaraan, supaya taksi terbag EHang bisa segera mengudara di Indonesia.

“Selamat atas perolehan TC EHang dari CAAC, kami akan segera melakukan proses validasi TC di DGCA (Directorate General of Civil Aviation/Direktorat Jenderal Perhubungan Udara) agar dapat segera digunakan untuk mengangkut penumpang di Indonesia,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com