Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi dan Harga Motor Listrik Savart S-1

Kompas.com - 26/10/2023, 10:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Savart resmi meluncurkan Savart S-1 di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2023. Motor listrik bongsor ini diklaim sebagai motor listrik asli buatan anak bangsa.

Melihat bentuknya sekilas mengingatkan BMW CE04. Fasia depannya besar dengan lampu utama yang berada di tebeng depan. Kemudian bagian samping sampai belakang mengotak alias boxy. Bodi belakangnya terputus alias lebih pendek dari ban belakang.

Baca juga: Kawasaki Hadirkan Ninja Edisi 40 Tahun Berbalut Livery Spesial

Savart S-1 memiliki panjang 2.040 mm, lebar 747 mm, jarak sumbu roda 1.525 mm dan ground clereance 156 mm. Sedangkan bobot dengan baterai 160 kg.

Savart resmi meluncur di Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023 di ICE BSD City, Tangerang. KOMPAS.com/Adityo Wisnu Savart resmi meluncur di Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023 di ICE BSD City, Tangerang.

Peredam kejut bagian depan pakai suspensi denan panjang 42 cm dengan jarak main 8 cm. Sedangkan suspensi belakang model dual shock panjang 29 cm dan jarak main 6,5 cm.

Sistem pengereman combi brake system (CBS) ala punya Honda. Ban memakai pelek ukuran 13 dibalut ban antara Maxxis atau Michelin.

Bagian teknisnya mengusung baterai Lithium Ion NMC dengan spesifikasi 72 V 65 Ah. Motor listrik alias dinamo mengguna tipe mid drive sehingga transfer daya dari dinamo ke roda menggunakan V-belt alias sabuk.

Baca juga: Tanpa Produk Baru, Polytron Tawarkan Program Sewa Baterai di IMOS 2023

Savart resmi meluncur di Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023 di ICE BSD City, Tangerang. KOMPAS.com/Adityo Wisnu Savart resmi meluncur di Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023 di ICE BSD City, Tangerang.

Di atas kertas motor ini sanggup memproduksi 18,7 tk dan torsi melimpah sampai 250 Nm. Akselerasi dari 0-60 kpj ditempuh dalam 5 detik sebelum meraih keceoatan tertinggi 120 kpj.

Savart S-1 dapat melaju hingga 120 km dengan dua baterai sekaligus dengan rata-rata kecepatan di 60 kpj. Motor diklaim sanggup melewati tanjakan hingga kemiringan 30 derajat.

Untuk diketahui Savart punya dua tipe yaitu Savart S-1 dan Savart S-1P Insigna. Perbedaan keduanya hanya soal fitur dan harga jual.

Savart S-1 dibanderol Rp 42 jt tanpa baterai sedangkan S-1P Insigna dipatok Rp 45 juta tanpa baterai dan Rp 58 Juta lengkap dengan baterai.

Baca juga: Penyerapan Subsidi Motor Listrik Baru 4,2 Persen, Ini Kata Kemenperin

Savart resmi meluncurkan Savart S-1 di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2023. KOMPAS.com/Adityo Wisnu Savart resmi meluncurkan Savart S-1 di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2023.

Fitur Savart S-1:

  • Driving Mode: Eco, Normal dan Sport
  • Find My Scooter: dapat menemukan kendaraan jarak 50 meter tanpa kunci
  • AI Based User Profiling : dapat mengatur gaya berkendara dengan personalisasi AI
  • Smart & Powerfull VCU : dilengkapi dengan GPS dan IoT untuk pengembangan diri berkelanjutan
  • Giroskop & Akselerometer : deteksi kecelakaan
  • Adaptive User Interface : deteksi penggunaan pada malam/pagi dan sesuaikan tampilannya.

Fitur tambahan yang hanya ada pada S-1P Insigna

  • Sensor pemantau tekanan ban (TPMS)
  • Sistem pemantau kinerja
  • Desain kursi elegan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com