Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Gova F600, Motor Listrik Tahan Banting Khusus Jasa Transportasi

Kompas.com - 26/10/2023, 14:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Kilats Mobilitas Indonesia menghadirkan merek motor listrik baru asal Singapura, Gova, di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023.

Sebagai informasi, pada mulanya Gova adalah nama dagang dari merek NIU, perusahaan motor listrik asal China, yang ada di bawah naungan Utomocorp di Indonesia.

Karena suatu alasan internal, Gova berpisah dengan NIU dan kini menjadi sebuah merek independen. Motor listrik perdana yang diluncurkan Gova adalah F600.

Vincent Yap, CEO PT Kilats Mobilitas Indonesia menjelaskan, F600 tercipta dari hasil kolaborasi antara Kilats dan Gova, dan diklaim memiliki banyak keunggulan.

Baca juga: Masalah Rangka Motor Diklaim Tak Pengaruhi Penjualan AHM

Motor listrik Gova F600, punya fitur GPS anti-maling, terkoneksi dengan ponselKompas.com/Daafa Alhaqqy Motor listrik Gova F600, punya fitur GPS anti-maling, terkoneksi dengan ponsel

“Bisa dibilang GOVA fokus pada pembuatan hardware, seperti rangka, dinamo, da lainnya. Sedangkan kami (kilats) fokus memgembangkan software mesin, juga ekosistem baterai,” ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (25/10/2023).

Dia menambahkan, Gova F600 diklaim sangat tahan banting, sanggup menghadapi beragam jenis model pemakaian konsumen.

Pasalnya, motor listrik ini memang didesain sebagai kendaraan khusus layanan jasa transportasi umum, seperti ojek online, kurir online, dan semacamnya.

Menurut Vincent, rangka dan panel body pada Gova F600 sengaja dibuat lebih tebal dan materialnya lebih kuat. Tidak hanya itu, spesifikasi komponen internal juga banyak mendapat

Baca juga: Produsen Oli Ini Mulai Berinovasi dalam Sektor Pertanian

Baterai motor listrik GOVA F600, bisa diswap di stasiun penukaran baterai atau dicas sendiri di rumah Kompas.com/Daafa Alhaqqy Baterai motor listrik GOVA F600, bisa diswap di stasiun penukaran baterai atau dicas sendiri di rumah

Bicara dari segi spesifikasi, Gova F600 dibekali 2 baterai cabut jenis lithium-ion dengan model pengecasan hybrid, alias bisa dicas di rumah, atau ditukar di stasiun swap.

Kapasitas dari masing-masing baterai adalah sebesar 72 volt 20 ampere hour, yang diklaim memiliki daya jelajah hingga 120 kilometer.

Vincent bersumbar, baterai Gova F600 sudah memiliki lapisan grafit sebagai pendingin. Jadi persoalan panas akibat intensitas pemakaian tinggi tidak lagi menjadi masalah.

“Sekalipun motor ini dipakai nonstop tanpa berhenti, tidak masalah. Baterainya tetap aman karena dingin, dinamo juga aman,” kata dia.

Baca juga: Dhelvic Genesis, Motor Listrik Buatan Surabaya Meluncur di IMOS 2023

Baterai motor listrik Gova, bisa ditukar di SPBKLU minimarket Kompas.com/Daafa Alhaqqy Baterai motor listrik Gova, bisa ditukar di SPBKLU minimarket

Lanjut ke sektor lainnya, dinamo Gova F600 menggunakan brushless DC motor (BLDC) jenis Hub-drive dengan tenaga 3.000 watt, dan klaim kecepatan maksimum sebesar 80 kpj.

Terkait harga, Gova F600 memiliki 2 tipe yakni single battery dengan banderol Rp 35 juta, dan dual battery dengan banderol Rp 40,5 juta.

Vincent menjelaskan jika pihaknya akan mulai menyebar Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU). Satu lokasi yang ditarget adalah minimarket-minimarket sekitar Jabodetabek.

“Ekosistemnya akan mulai kami bangun, baik dari segi aplikasi software, ataupun swap baterai,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com