Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi KOOL EV Bima, Motor Listrik Maxi Mirip NMAX dan Aerox

Kompas.com - 26/10/2023, 13:31 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Indonesia Motorcycle Show (IMOS) jadi momen menarik bagi produsen untuk memamerkan motor-motor listrik model terbaru kepada konsumen.

Satu motor listrik yang hadir adalah Bima, dari pabrikan lokal KOOL EV-Motor asal Cikarang, Jawa Barat. Melantai perdana di IMOS 2023, motor ini sukses memincut perhatian konsumen.

Ada beberapa poin unik dari Kool EV Bima, salah satunya adalah tampilan fasia depan yang nampak seperti gabungan antara Yamaha NMAX dan Aerox.

Christian Nico Sudarmadji, Direktur Utama PT Kool EV-Motor menjelaskan, inspirasi desain tersebut memang disarikan dari kecenderungan konsumen, yang menyukai motor bergaya agresif namun berukuran besar.

Baca juga: AHM Klaim Telah Melakukan Peningkatan Kualitas Rangka Motor

Kool EV-Motor Bima, motor listrik baru yang mirip Yamaha NMaxKOMPAS.com/daafa Kool EV-Motor Bima, motor listrik baru yang mirip Yamaha NMax

“Kalau dilihat sekarang ini kan motor yang populer itu model-model maxi. Jadilah kami pilih model ini untuk Bima, dan sesuai dengan namanya juga,” ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (26/10/2023).

Membahas spesifikasi dari segi tampilan, Kool EV Bima tampak gagah dan solid karena ukurannya besar dan seperti skutik-skutik maxi. Joknya terbilang lapang dan panel bodinya banyak dilengkapi ornamen bermotif serat karbon.

Berlanjut pada bagian roda, ada satu hal yang nampak unik. Motor ini ternyata dibekali breket kaliper Brembo di bagian depan dan belakang.

“Karena motor ini ditargetkan untuk pecinta touring dan riding, memang sengaja kami sertakan breket cakram dari Brembo sebagai bawaan standar,” kata Nico.

Baca juga: Dhelvic Genesis, Motor Listrik Buatan Surabaya Meluncur di IMOS 2023

Motor listrik Kool EV Bima pakai cakram rem Brembo dan ban Perelli Diablo ScooterKOMPAS.com/daafa Motor listrik Kool EV Bima pakai cakram rem Brembo dan ban Perelli Diablo Scooter

Berlanjut pada sektor daya dan dapur pacu, varian Bima memiliki 3 model yang dibedakan berdasarkan kapasitas baterai serta jarak tempuh, yakni G, L, dan DL.

Bima G jadi varian terendah dan dibanderol Rp 32.9 juta. Motor listrik ini mengusung baterai lithium ion berkapasitas 72 volt 40 ampere hour (Ah) dengan daya jelajah 80 kilometer. Penggeraknya berjenis hub-drive dan memiliki daya motor sebesar 3.000 watt dengan kecepatan maksimal 110 kpj.

Untuk varian L yang berada di tengah, banderolnya adalah Rp39.9 juta. Bedanya dengan varian G hanya pada sektor daya, karena sudah dilengkapi 2 blok baterai yang menambah daya jelajahnya menjadi 140 kilometer.

Terakhir untuk Bima DL yang jadi varian tertinggi, harganya Rp 52,9 juta dan mendapatkan banyak peningkatan dibandingkan varian-varian lainnya.

Baca juga: Produsen Motor Listrik KOOL EV Tawarkan Garansi Baterai 5 Tahun

Bagian belakang Kool EV Bima, Motor listrik yang mirip dengan Yamaha NmaxKOMPAS.com/daafa Bagian belakang Kool EV Bima, Motor listrik yang mirip dengan Yamaha Nmax

Ada 2 blok baterai tanam yang masing-masing berkapasitas 72v 50Ah. Daya jelajahnya masih 140 kilometer, tapi kecepatan maksimalnya diklaim menembus 130 kpj karena daya motor yang jauh lebih kuat.

Nico menjelaskan, bagi semua konsumen yang melakukan pembelian Kool EV Bima selama masa IMOS 2023, aka mendapatkan bundling khusus secara gratis, yakni 2 side box, 1 top box, dan 1 set crashbar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com