Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Mobil Tua Pakai AC Rumah, Asli atau Gimik?

Kompas.com - 24/10/2023, 19:42 WIB
Gilang Satria,
Stanly Ravel

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan ini, cuaca di Indonesia sangat panas. Tak heran banyak orang melakukan segala upaya agar tetap merasa sejuk meski cuaca bisa tembus 38 derajat celcius.

Belum lama ini video viral di dunia maya memperlihatkan mobil tua yang menggunakan pendingin alias AC rumah, dengan menempatkan kompresor AC split di bagian belakang mobil.

Baca juga: Elon Musk Ungkap Siap Luncurkan Tesla Versi Murah

Dalam video yang diunggah akun TikTok fauzi.ramaa, mobil tersebut berlokasi di Kalimantan Selatan. Tidak dijelaskan secara rinci apakah AC tersebut benar menyala atau hanya pajangan guna menarik perhatian.

@fauzi.ramaa Akibat cuaca ekstrem kalsel #fyp ? suara asli - Dutalembu2

Terlebih dalam video berdurasi 17 detik tersebut juga tidak bisa mengidentifikasi merek dan model mobil tersebut. Hanya terlihat mobil yang ada di video merupakan sebuah minibus tahun tua.

Rastomo Yudho Hermawan, Kepala Cabang Bengkel Resmi AC Denso, PT Kikijaya Airconindo di Radio Dalam, Jakarta Selatan mengatakan, dari video yang ada kemungkinan besar AC tersebut tidak menyala alias cuma gimik.

"Bisa tapi ribet, itu AC rumah arusnya AC jadi mesti tambah konverter dari DC ke AC. Sedangkan kemudian AC rumah listriknya 220 V," ujar Yudho kepada Kompas.com, Selasa (24/10/2023).

Baca juga: Kenali Risiko Asal Cuci Ruang Mesin Mobil

Jika memang mobil tersebut belum punya alat pendingin alias AC, bisa dipasangkan secara mandiri. Sebab pada dasarnya semua mobil bisa mengaplikasi pendingin udara. 

Harus diakui mayoritas pemilik mobil tidak fokus dalam merawat AC mobil. Perawatan biasanya hanya dilakukan di bengkel resmi saat servis berkala, dan datang ke bengkel saat AC tidak dingin.KOMPAS.com/Gilang Harus diakui mayoritas pemilik mobil tidak fokus dalam merawat AC mobil. Perawatan biasanya hanya dilakukan di bengkel resmi saat servis berkala, dan datang ke bengkel saat AC tidak dingin.

Saat ini kata dia, banyak mobil yang memang dari pabrikan tidak dipasangkan AC. Karena itu konsumen kemudian memasang sendiri.

"Pemasangan baru untuk mobil-mobil yang dari pabriknya tidak ada AC-nya, contohnya seperti Hilux Single Cabin, kemudian Daihatsu Gran Max ada yang pakai AC dan tidak tergantung pemesanan, dan truk seperti (Isuzu) Traga, truk-truk kebanyakan tidak pakai AC jadi kami bisa pasang AC," kata Yudho.

Yudho mengatakan, untuk pemasangan AC baru harganya cukup variatif tergantung jenis mobil dan tipe.

"Variatif, kisarannya untuk Hilux Rp 11 juta-Rp 12 juta, kalau Gran Max Rp 9 juta- Rp 10 juta menggunakan part asli Denso. Bisa tetap servis di bengkel resmi. Sebab jaringan cuma bukan di Jakarta," ujar Yudho.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com