Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Delapan Tahun, Balapan MotoGP Kembali Digelar Sabtu

Kompas.com - 21/10/2023, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Balapan utama MotoGP pada umumnya digelar di hari Minggu. Namun, memang ada beberapa kasus tertentu sehingga ajang balap motor internasional ini digelar pada Sabtu.

Khusus untuk MotoGP Australia 2023 yang digelar di Sirkuit Phillip Island, pihak promotor, penyelenggara, dan semua tim, sepakat untuk menukar jadwal balap. Balapan utama menjadi hari Sabtu, sedangkan sprint race pada Minggu.

Baca juga: Jadwal MotoGP Australia 2023 Diubah, Balapan Tukar Hari

Langkah ini dilakukan karena menurut ramalan cuaca, cuaca buruk akan terjadi pada Minggu. Bukan masalah hujannya, tapi anginnya juga berembus kencang yang diprediksi bisa mencapai 70 kilometer per jam.

Sirkuit Phillip Island, Australia. Artikel ini menyajikan daftar pemenang MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island.MOTOGP.COM Sirkuit Phillip Island, Australia. Artikel ini menyajikan daftar pemenang MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island.

Sebab, Sirkuit Phillip Island letaknya tidak jauh dari pantai. Maka itu, untuk keselamatan pebalap dan kenyamanan semua pihak, balapan utama akan digelar pada Sabtu.

Sebelumnya, balapan pada hari Sabtu juga pernah diselenggarakan, tepatnya setiap gelaran MotoGP Belanda sebelum 2016. Rangkaian balapan selalu dimulai pada Kamis untuk sesi latihan bebas, Jumat untuk sesi kualifikasi, dan Sabtu untuk balapan.

Baca juga: Hasil FP1 MotoGP Australia 2023, Martin Tercepat

Balapan di Sirkuit Assen digelar setiap Sabtu terakhir di bulan Juni. Menurut beberapa sumber, hal tersebut disebabkan lokasi sirkuit yang dekat dengan gereja.

Pebalap tim Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia. Bagnaia saat ini memimpin klasemen MotoGP 2023 menjelang balapan GP Inggris 2023 yang akan digelar di Sirkuit Silverstone pada Minggu (6/8/2023) malam WIB.AFP/JOHN THYS Pebalap tim Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia. Bagnaia saat ini memimpin klasemen MotoGP 2023 menjelang balapan GP Inggris 2023 yang akan digelar di Sirkuit Silverstone pada Minggu (6/8/2023) malam WIB.

Sehingga, akan mengganggu warga yang akan beribadah jika balapan digelar hari Minggu, karena adanya penutupan jalan dan lainnya. Sebab, sirkuit ini awalnya adalah jalanan umum yang dijadikan sirkuit.

Kebijakan baru ditetapkan dan mulai 2016, balapan pada MotoGP Belanda di Sirkuit Assen digelar menjadi setiap hari Minggu. Namun, masih ada tradisi yang dipertahankan, yakni digelar setiap Minggu terakhir di bulan Juni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com