Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Bagikan Daftar Pelanggaran Lawan Arus, Jakarta Nomor Terbanyak

Kompas.com - 13/10/2023, 16:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sikap pengendara lawan arus dianggap sebagai satu pelanggaran lalu lintas dengan jumlah sangat banyak, dan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Pihak Korps lalu Lintas (Korlantas Polri) bahkan menganggap sikap indisipliner ini sudah menjalar di kalangan masyarakat, khususnya bagi pengendara motor.

Kepala Urusan Administrasi Penindakan Pelanggaran Direktorat Penegakkan Hukum Korlantas Polri, Kompol Mukmin Timoro menjelaskan, tindakan melawan arus juga nampaknya sudah berpindah konsep. Tidak lagi dianggap sebagai pelanggaran oleh masyarakat, tapi bentuk kebiasaan yang berujung pembenarkan.

Baca juga: Waspada Ada Modus Kejahatan Teriaki Mobil Berasap di Jalan

Sejumlah pengemudi motor nekat Lawan arah di Jalan Raya Cilandak KKO, Jakarta Selatan, Selasa (19/9/2023).KOMPAS.com/Dzaky Nurcahyo Sejumlah pengemudi motor nekat Lawan arah di Jalan Raya Cilandak KKO, Jakarta Selatan, Selasa (19/9/2023).

“Sikap tidak terpuji beberapa pengendara motor kan cukup banyak yang seperti itu, sudah diberi tahu oleh anggota (soal melawan arus), tapi malah ngeyel,” ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (13/10/2023).

Mukmin lantas membagikan rekap data jumlah kasus pengendara melawan arus yang sudah dikompilasikan oleh Mabes Polri, untuk kemudian dibagikan ke tiap-tiap Polda di Indonesia sebagai bahan evaluasi.

Rekapitulasi ini terangkum di dalam Surat Telegram nomor ST/2155/IX/HUK.6.2/2023 yang disampaikan langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Baca juga: Saat Terjadi Kecelakaan, Korban Dilarang Menyita SIM dan STNK Pelaku

Polisi membagikan pamflet Operasi Zebra Jaya 2023Kompas.com/Daafa Alhaqqy Polisi membagikan pamflet Operasi Zebra Jaya 2023

Berdasarkan Surat Telegram tersebut, ada dua poin utama yang menjadi titik acuan. Pertama, data tercantum merupakan hasil rekapitulasi hingga bulan Agustus, alias kuartal ke-3 tahun 2023.

Kedua, dipaparkan pula daftar jumlah pelanggaran paling banyak dan paling sedikit untuk pelanggaran lalu lintas kategori melawan arus, yang diklasifikasikan berdasarkan masing-masing Polda terkait.

Daftarnya adalah sebagaimana berikut :

Baca juga: 12 Poin Pelanggaran Ini Bakal Digunakan untuk Aturan Cabut SIM

Sejumlah pemotor ditilang karena tak mengenakan helm saat melintas di depan Stasiun Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (21/9/2023).KOMPAS.com/Dzaky Nurcahyo Sejumlah pemotor ditilang karena tak mengenakan helm saat melintas di depan Stasiun Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (21/9/2023).

POLDA DENGAN HASIL CAPAIAN PENINDAKAN TILANG LAWAN ARUS TERTINGGI :

- POLDA METRO JAYA SEBANYAK 74.961 TTK

- POLDA JATENG SEBANYAK 19.621 TTK

- POLDA JATIM SEBANYAK 6.936 TTK

- POLDA JABAR SEBANYAK 3.972 TTK

- POLDA SUMBAR SEBANYAK 3. 128 TTK

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com