Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Tunggal Jaya Bikin Bus Mirip Mobil Takumi Initial D

Kompas.com - 13/10/2023, 08:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seri manga era '90-an yang diadaptasi menjadi anime dan film live action berjudul Initial D tampaknya masih menjadi inspirasi banyak orang.

Film asal Jepang ini bercerita tentang pemuda bernama Takumi, pengantar tahu yang piawai mengendarai mobil di medan ekstrem pegunungan sekaligus jadi pebalap liar.

Perusahaan otobus (PO) Tunggal Jaya akan meluncurkan bus baru dengan desain yang dibuat mirip dengan mobil yang digunakan oleh pemeran utama di Initial D.

Baca juga: United E-Motor Siap Bangun Pabrik Baterai Motor Listrik

Apabila mobil milik Takumi merupakan Toyota AE86, unit milik PO Tunggal Jaya akan menggunakan bodi bus Jetbus 5 rakitan Karoseri Adiputro.

Berdasarkan bocoran foto yang tersebar di media sosial, desain eksterior bus sangat serupa dengan mobil milik Takumi. Bus menggunakan kelir dasar putih dengan livery garis hitam yang mengelilingi area bodi bawah. 

Kemudian, pada bodi sambil bertuliskan huruf Jepang yang dibaca Fujiwara Tofuten atau Toko Toko Tahu Fujiawara. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PO. Tunggal Jaya Transport (@tunggal_jaya_transport)

Baca juga: Tujuan Pelek Motor Dibakar Sebelum Di-Press

Nantinya, apabila kendaraan tersebut sudah rampung. akan digunakan sebagai layanan bus pariwisata. Saat ini unit masih dalam tahap penyempurnaan di garasi Karoseri Adiputro.

Sebab, dari foto yang beredar di media sosial, calon bus baru dengan desain unik tersebut belum pemasangan kaca dan merapikan bagian interior. Namun, nantinya bus tersebut akan ditopang oleh sasis bus Hino Rm280.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com