Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Rilis Teknologi E-Clutch, Naik Motor Kopling Jadi Lebih Mudah

Kompas.com - 11/10/2023, 18:22 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Honda merilis teknologi E-Clutch atau Electronic Clutch alias kopling otomatis untuk sepeda motor. Teknologi ini tidak langsung menggantikan kopling sepeda motor, melainkan berfungsi berdampingan.

Dilansir dari Paultan (11/10/2023), lewat teknologi ini pengendara bisa memilih menggunakan kopling tangan dan melakukan perpindahan gigi seperti biasa. Atau menggunakan E-Clutch dan melakukan perpindahan gigi naik dan turun tanpa kopling.

Bisa dibilang, teknologi E-Clutch seperti variasi quickshifter dua arah atau blipper otomatis dari Honda.

Baca juga: Komentar Pebalap MotoGP Soal Cuaca Panas di Indonesia

Honda rilis teknologi E-Clutch alias kopling otomatis.Dok. Paultan Honda rilis teknologi E-Clutch alias kopling otomatis.

Keuntungan dari perpindahan gigi tanpa kopling sudah tidak asing lagi bagi pengendara motor sport. Di mana proses perpindahan gigi bakal lebih cepat, tanpa perlu usaha berlebih.

Sementara itu, Honda mengatakan E-Clutch memberikan kontrol kopling yang dapat disetel secara instan dan halus untuk performa optimal.

Bagi pengendara baru, teknologi ini jelas memudahkan karena dapat membantu ketika start, melakukan perpindahan gigi, serta proses deselerasi sampai berhenti yang lebih alami.

Baca juga: Bos Ducati Ragu Marc Marquez Bakal ke Gresini

Dengan sistem yang ringan dan kompak, teknologi E-Clutch dapat dipasang tanpa perubahan besar pada tata letak mesin yang ada.

Honda berharap E-Clutch akan memungkinkan pengendara berkonsentrasi pada kesenangan berkendara. Kabarnya, E-Clutch akan muncul di jajaran motor sport Honda seiring berjalannya waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com