Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mengendarai Motor Kopling di Tanjakan, Andalkan Rem Belakang

Kompas.com - 08/09/2023, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai motor kopling memang butuh keterampilan. Tidak semudah membawa skutik, namun semuanya bisa jadi mahir jika terus latihan.

Salah satu yang jadi tantangan saat mengendarai motor dengan kopling manual adalah ketika bertemu tanjakan. Apalagi saat kondisi jalannya ramai, cara agar mulus melewati tanjakan kadang belum dikuasai pemula dengan motor kopling.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, kalau jalannya lancar, maka pastikan motor punya momentum saat awal melewati tanjakan dan gunakan gigi rendah.

Baca juga: Aman atau Tidak Pakai Kampas Kopling Aftermarket untuk Motor Sport?

Tanjakan Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, sudah kembali normal dan lancar sejak dua hari terakhir pekan cuti bersama Lebaran pada Minggu (8/5/2022).KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Tanjakan Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, sudah kembali normal dan lancar sejak dua hari terakhir pekan cuti bersama Lebaran pada Minggu (8/5/2022).

"Tangan kiri jangan memegang tuas kopling, kecuali kondisinya berhenti atau jalan di bawah 5 Kpj. Jadi saat buka gas, tarikannya maksimal," kata Agus kepada Kompas.com, Kamis (7/9/2023).

Kalau kondisinya macet, maka pengendara harus bisa menjaga keseimbangan motor agar tidak terjatuh. Caranya adalah kaki kanan menginjak rem belakang aga menghindari motor mundur.

Baca juga: Iring-iringan Mobil Pengawal Wapres AS, Pakai Chevrolet Suburban


"Saat akan memajukan motor, buka dulu gasnya lalu diikuti dengan kopling secara perlahan. Jangan membukan kopling saat gas tertutup dan jangan buka gas secara spontan karena bisa bikin mesin mati mendadak," kata Agus.

Lalu, posisi kan badan agak membungkuk ke depan agar menjaga keseimbangan beban motor. Terakhir, jaga pandangan lurus ke depan untuk mengetahui rute yang akan dilalui sehingga meminimalisir penggunaan rem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com