Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Tes Akselerasi All New Toyota Yaris Cross

Kompas.com - 10/10/2023, 15:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Toyota Yaris Cross merupakan salah satu sport utility vehicle (SUV) ringkas kelas B yang belum lama ini diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM), tepatnya pada Mei 2023 lalu.

Mengulas tampilannya, Toyota Yaris Cross memiliki desain yang sporty, terlihat dari bagian fascia dengan mengusung gril trapezoidal yang berbeda ukuran antara atas dan bawah. Sekilas desainnya mirip dengan RAV4 pada bagian depan.

Untuk desain lampu utama yang dibuat mengikuti lekukan kap mesin dan body samping, serta fog lamp yang bersarang di bawahnya.

Lampu utama sudah menggunakan LED Headlamp with DRL dilengkapi dengan follow me home, pada tipe S seperti yang tim redaksi Kompas.com coba.

Baca juga: Mengulas Fitur All New Toyota Yaris Cross, Secanggih Apa?

Berlanjut ke bagian kabin, interior Yaris Cross di dominasi dengan warna hitam, yang dibekali aksen biru pada beberapa bagian, seperti jok dan dasbor. Secara keseluruhan tata letaknya nyaris serupa dengan versi hybrid, hanya saja perbedaan terletak pada head unitnya.

Hasil akselerasi Toyota Yaris Cross menggunakan alat RacelogicKompas.com Hasil akselerasi Toyota Yaris Cross menggunakan alat Racelogic
Yaris Cross non hybrid ini dibekali mesin berkapasitas 1.500 cc 4 silinder Dual VVT-i bertenaga 104,6 Tk dan torsi 138 Nm. Tersedia pilihan transmisi manual 5-speed dan CVT.

Baca juga: Ajak Jalan-jalan Toyota Yaris Cross Keliling Ibu Kota

Redaksi pun mencoba mengukur seberapa cepat akselerasi Toyota Yaris Cross dengan alat Racelogic, pengukur kecepatan berdasarkan GPS. Pada alat tersebut, bisa tercatat akselerasi dari 0-60 kilometer per jam (kpj) dan 0-100 kpj.

Untuk pengetesan ini, redaksi memakai mode berkendara normal. Waktu yang didapat untuk 0-60 kpj adalah 06,6 detik.

Sedangkan untuk akselerasi 0-100 kpj, didapatkan waktu 14,2 detik. Hasil tersebut menunjukkan respon yang cukup baik untuk ukuran SUV ringkas perkotaan dengan mesin 1.500 cc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com