Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Pakai Mobil Listrik untuk Kawal Ajang KTT AIS Forum 2023

Kompas.com - 06/10/2023, 16:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi memastikan bahwa kendaraan listrik berbasis baterai akan menjadi transportasi utama untuk pengamanan gelaran Konferensi Tingkat Tinggi Negara Pulau dan Kepulauan atau Archipelagic and Island State (KTT AIS Forum) 2023.

Oleh karenanya, Kaops Tribata Agung 2023 itu memberi arahan serta pengenalan dan pelatihan kendaraan listrik dalam rangka Pamwalrolakir kepada personel yang bertugas mengamankan acara kenegaraan tersebut.

"Tentunya jelang hari H kami akan terus mempersiapkan jajaran, petugas-petugasnya, kendaraan-kendaraan dicek. Pastikan mereka juga pada saat menggunakan alat-alat ini bisa terampil untuk menghadapi apapun nanti," kata Firman dalam keterangannya, Kamis (5/10/2023).

Baca juga: Alasan Kenapa Ban Cadang Mobil Ada yang Berbeda dengan Ukuran Standar

Ioniq 6 untuk KTT ASEAN dan KTT AIS Forum 2023KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Ioniq 6 untuk KTT ASEAN dan KTT AIS Forum 2023

"Serta, situasi yang dibutuhkan pada saat pelaksanaan tugas,” lanjut dia.

Hanya saja dalam kesempatan terkait, ia tidak merinci berapa banyak kendaraan listrik yang akan digunakan. Namun berdasarkan informasi yang sudah ada, model mobil listrik yang bakal dipakai ialah Toyota bZ4X, Hyundai Ioniq 5, Hyundai Ioniq 6, serta Wuling Air ev.

Firman lantas mengimbau personel yang bertugas dalam perhelatan KTT AIS Forum 2023 dapat menjalankan pelatihan dengan sungguh-sungguh dan menjaga kesehatan.

“Yang pertama, jaga kesehatan. Kedua, latihan dengan sungguh-sungguh dengan harus menyesuaikan dan persiapkan skenario apapun pada saat berada di jalan," katanya.

Baca juga: Salah Kaprah Perbedaan Aki Basah dan Aki Kering

Korlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi, saat meninjau denah lintasan ujian praktik SIM C baruKompas.com/Daafa Alhaqqy Korlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi, saat meninjau denah lintasan ujian praktik SIM C baru

Terkait agenda tersebut, pihak kepolisian daerah Bali mengimbau masyarakat untuk turut mendukung pelaksanaan KTT AIS Forum 2023 di Nusa Dua, Badung Bali itu dengan menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat.

"Mengajak masyarakat Bali untuk turut mendukung dan menyukseskan KTT AIS, yang akan di laksanakan di kawasan ITDC, Nusa Dua, Bali pada 10-11 Oktober 2023," ujar Kepala Bidang Hubungan masyarakat Polda Bali Jansen Avitus Panjaitan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com