Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang MotoGP Mandalika 2023, Layanan Transportasi Jadi Fokus Utama

Kompas.com - 29/09/2023, 17:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dan Dyandra&Co. selaku promotor dan co-promotor terus mematangkan persiapan MotoGP Mandalika 2023. Salah satunya dengan meningkatkan layanan transportasi untuk penonton.

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria, mengatakan, semua bentuk layanan transportasi, lalu lintas dan pengamanan selama gelaran MotoGP Mandalika 2023 secara umum akan dibagi menjadi dua, yakni di luar kawasan Sirkuit dan di dalam kawasan Sirkuit Mandalika.

"Untuk transportasi penonton, akan ada dua layanan transportasi yaitu layanan bus di luar dan di dalam kawasan Sirkuit Mandalika," ujar Priandhi, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Jelang MotoGP Mandalika 2023, Akses Menuju Sirkuit Mulai Dipersiapkan

Priandhi menambahkan, untuk layanan transportasi di dalam kawasan, rutenya dari tempat-tempat parkir penonton menuju pintu-pintu masuk Sirkuit Mandalika.

Layanan transportasi di dalam kawasan ini akan dikelola oleh MGPA bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat (Dishub NTB), dan berbagai pelaku/asosiasi transportasi.

Bus antarmoda dan shuttle yang disediakan Kemenhub saat gelaran MotoGP Mandalika 2022KEMENHUB Bus antarmoda dan shuttle yang disediakan Kemenhub saat gelaran MotoGP Mandalika 2022

Sementara transportasi di luar kawasan Mandalika, dengan rute titik-titik penjemputan penonton ke titik-titik Kawasan Mandalika, akan dikelola juga oleh Dishub NTB.

“Melalui kerjasama dengan Dishub NTB dan asosiasi transportasi terkait, kami ingin memastikan penonton mendapatkan layanan transportasi yang terbaik, yang akan mengantar penonton dan pengunjung masuk dan keluar Kawasan Mandalika dan kawasan Sirkuit dengan aman dan lancar,” kata Priandhi.

Untuk lalu lintas selama penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2023 pengelolaannya juga ada dua, yakni di luar Kawasan Mandalika dan di dalam kawasan Mandalika.

Baca juga: Alex Marquez Fokus ke Pemulihan, Berharap Tampil di MotoGP Mandalika

“Pengelolaan lalu lintas juga akan terbagi dua, yaitu di luar kawasan yang sepenuhnya akan dilakukan oleh Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB), dan di dalam kawasan yang akan dilakukan oleh MGPA bekerjasama dengan ITDC sebagai pengelola Kawasan The Mandalika dan Polda NTB,” ujarnya.

Bus antarmoda dan shuttle yang disediakan Kemenhub saat gelaran MotoGP Mandalika 2022KEMENHUB Bus antarmoda dan shuttle yang disediakan Kemenhub saat gelaran MotoGP Mandalika 2022

Pengelolaan traffic management atau lalu lintas akan dilakukan untuk kelancaran keluar dan masuknya kendaraan ke dalam Kawasan The Mandalika dan Sirkuit, serta meminimalisasi kemacetan.

Sedangkan terkait pengamanan, pengaturannya dibagi menjadi tiga, yakni pengamanan di luar kawasan Mandalika, pengamanan di dalam kawasan Mandalika, dan pengamanan di dalam area Sirkuit Mandalika.

Untuk pengamanan umum di luar kawasan akan sepenuhnya dikelola pihak Polda NTB, TNI, dan berbagai aparat keamanan lainnya.

Untuk pengamanan di dalam Kawasan The Mandalika, ITDC dan MGPA, bekerjasama dengan Polda NTB, Desa Penyangga, serta Organisasi Masyarakat dan stakeholders terkait lainnya.

Kemacetan yang terjadi di sekitar Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, seusai balapan MotoGP, Minggu (20/3/2022).KOMPAS.com/RESKA K NISTANTO Kemacetan yang terjadi di sekitar Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, seusai balapan MotoGP, Minggu (20/3/2022).

Sementara pengamanan di dalam pagar Sirkuit Mandalika, akan dilakukan oleh penyelenggara, yakni tim keamanan ITDC dan MGPA, Dorna Sports, dan Dyandra.

Presiden Direktur Dyandra&Co. Daswar Marpaung, mengatakan, persiapan pada Indonesian GP 2023 terus dilakukan lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya, sebagai komitmen penyelenggara untuk menyukseskan gelaran ini.

"Semua persiapan ini untuk memastikan ajang bergengsi Indonesian GP 2023 berjalan sukses dan aman. Penonton diharapkan mendapat pengalaman yang baik mulai saat mereka menuju Mandalika, masuk kawasan Sirkuit, hingga saat race berlangsung, dan tentu saat kembali dari Sirkuit," kata Daswar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com