Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggal Dua Minggu, MotoGP Mandalika Siap Digelar

Kompas.com - 03/10/2023, 17:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina Grand Prix of Indonesia atau nama lain MotoGP Mandalika akan digelar 14-15 Oktober mendatang. Kalau dilihat di kalender, tinggal menyisakan kurang dari dua Minggu lagi.

Pada Selasa (3/10/2023) InJourney melaksanakan press conference yang menghadirkan perwakilan dari pihak Kemterian BUMN, Kemenparekraf, Injourney, IMI, dan ITDC. 

Kartika Wirjoatmodjo, akrab disapa Tiko, Wakil Menteri BUMN mengatakan, MotoGP merupakan gelaran yang prestise dengan global coverage, makanya harus disukseskan.

Baca juga: Bakal Ada Pebalap MotoGP yang Tergeser Posisinya Musim 2024

Press conference Pertamina Grand Prix of Indonesia Kompas.com/Fathan Press conference Pertamina Grand Prix of Indonesia

"Sekarang semua penggemar MotoGP sudah tahu Mandalika, arus turis semakin baik. Event ini bisa jadi katalis, tourism yang terbaik, juga sport tourism memberikan manfaat ke masyarakat," kata Tiko di acara press conference.

Begitu juga yang dikatakan Wakil Menteri Kemenparekraf Angela Tanoesoedibjo. Gelaran MotoGP jadi hal yang penting sekali sebagai katalisator pencapaian pariwisata Indonesia.

"Kita tidak hanya mempromosikan Indonesia, tapi kita bisa mendapatkan langsung manfaat ekonomi. Kita bisa rasakan secara langsung pada masyarakat, pelaku UMKM," kata Angela.

Baca juga: Ini 2 Penyebab Utama Kompresor AC Mobil Rusak

Ketua IMI, Bambang Soesatyo mengatakan, dampak dari MotoGP sangat besar, bukan cuma masyarakat NTB, tapi Bali.

"Impact MotoGP luar biasa, tidak cuma warga NTB, tapi juga Bali. Perputaran tahun lalu itu sekitar Rp 640 miliar, 100.000 lebih penonton. Total semua Rp 4,5 triliun," kata pria yang akrab disapa Bamsoet.

Bamsoet berharap, tahun ini bisa meningkat. Mengingat kalau dibandingkan 2022, masih masa transisi ke normal dari pandemi, sedangkan sekarang bisa dibilang sudah normal.

Jelang penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia (IndonesianGP) 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 13-15 Oktober 2023, PT MGPA Nusantara Jaya (MGPA) dan Dyandra & Co terus matangkan sejumlah persiapan. Dok. MGPA Jelang penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia (IndonesianGP) 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 13-15 Oktober 2023, PT MGPA Nusantara Jaya (MGPA) dan Dyandra & Co terus matangkan sejumlah persiapan.

Maya Watono, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney mengatakan, Sirkuit Mandalika sekarang terus dimanfaatkan, bahkan setiap minggu selalu ada aktivitas di sirkuit.

"Yang luar biasa dan ditunggu-tunggu adalah MotoGP, setahun sekali, dan jadi kebanggaan. MotoGP ini global exposure akan luar biasa untuk Indonesia," kata Maya.

Ari Respati, Direktur Utama ITDC mengatakan, MotoGP yang kedua kali dilaksanakan di Indonesia menjadi pembuktian komitmen BUMN.

Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria, saat mempersiapkan sirkuit untuk perhelatan MotoGP Mandalika 2023 yang akan dilangsungkan pada tanggal 13-15 Oktober 2023. Dok.MGPA Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria, saat mempersiapkan sirkuit untuk perhelatan MotoGP Mandalika 2023 yang akan dilangsungkan pada tanggal 13-15 Oktober 2023.

"Program pembangunan dan pengembangan DPSP ini sifatnya berkelanjutan, jadi bukan terpotong-potong," kata Ari.

Ari menjelaskan, ada perbedaan signifikan gelaran MotoGP tahun ini dan tahun lalu. Sekarang, MotoGP sudah jadi ikon dan kebanggaan masyarakat NTB.

"Kami sebagai perusahaan pengelola dan pengembang kawasan terpadu memiliki tugas dan tanggung jawab yang tidak berhenti," kata Ari.

Ari mengatakan, infrastruktur di Mandalika, ITDC sudah membangun 36 Km jalanan kawasan. Selain itu, sudah siap juga kantong-kantong parkir untuk para penonton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com