Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penting Melakukan Perawatan pada Kompresor AC Mobil Lawas

Kompas.com - 29/09/2023, 12:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Cuaca panas akhir-akhir ini di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, tentu menjadikan sistem pendingin mobil harus bekerja ekstra keras demi menjaga suhu dalam kendaraan agar tetap nyaman.

Bagi pemilik mobil lawas, perawatan kompresor AC ini perlu diperhatikan dengan baik. Seperti penggantian oli kompresor secara rutin untuk menghindari penurunan performa dan kerusakan komponen tersebut.

Dewa, pemilik AC Mobil Jogja mengatakan, penggantian oli kompresor sebaiknya dilakukan setiap 20.000 kilometer.

Baca juga: Intip Bus Pariwisata Mewah Punya PO Primajasa

AC Mobil SuzukiSIS AC Mobil Suzuki

“Meski kondisi AC masih dalam keadaan prima, embusan angin masih dingin, sebaiknya penggantian oli kompresor tetap dilakukan secara teratur yaitu per 20.000 kilometer atau satu tahun,” ungkap Dewa kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Muchlis, pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Servis mengatakan, mobil lawas yang jarang atau tidak dilakukan penggantian oli kompresor secara rutin, akan menyebabkan kerusakan kompresor.

Baca juga: Mau Jadi Sopir Profesional, Perhatikan 4 Kriteria Ini

Biar tetap nyaman maka AC mobil juga perlu servis rutin sehingga siapapun yang berada di kabin akan betah.KOMPAS.com/Gilang Biar tetap nyaman maka AC mobil juga perlu servis rutin sehingga siapapun yang berada di kabin akan betah.

“Oli kompresor yang tidak diganti dalam waktu lama akan membuatnya kotor, sehingga kotoran ini bisa bersirkulasi ke seluruh komponen AC seperti evaporator, kondensor, dan katup ekspansi, akibatnya bisa menyumbat,” ungkap Muchlis.

Maka dari itu, Muchlis menyarankan kepada pemilik mobil lawas untuk melakukan perawatan berkala agar performa AC tetap maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com