Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Toyota Siap Luncurkan Land Cruiser Mini, Calon Pesaing Suzuki Jimny | Kapan Mobil Disebut Telat Ganti Oli Mesin?

Kompas.com - 29/09/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota dikabarkan sedang mengembangkan SUV ringkas lima pintu untuk menjadi pesaing Suzuki Jimny 5 pintu.

Dikutip dari Gaadiwaadi, Kamis (28/9/2023), Land Cruiser Mini tersedia dalam pilihan mesin hybrid dan battery electric vehicle (BEV). Meski begitu, tak menutup kemungkinan Toyota membekali mobil ini dengan Internal Combustion Engine (ICE).

Selain itu, bukan hal baru bagi pengguna mobil bahwa telat mengganti oli bisa berdampak buruk pada mesin. Namun, sedikit yang paham kapan lebih tepatnya disebut telat ganti peluas jantung pacu.

Beberapa pihak menyarankan penggantian oli mesin setiap 10.000 Km atau 6 bulan, namun tidak sedikit juga yang menyarankan oli mesin wajib ganti tiap 5.000 Km atau 3 bulan. Lantas, sebenarnya seperti apa gambaran oli mesin yang sudah telat ganti?

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa, 28 September 2023 :

Baca juga: Cara Mengurus Mobil yang Diderek Petugas Dishub di Jakarta

1. Toyota Siap Luncurkan Land Cruiser Mini, Calon Pesaing Suzuki Jimny

Toyota Land Cruiser Minigaadiwaadi.com Toyota Land Cruiser Mini

Secara tampilan, fascia Cruiser Mini terlihat mirip dengan Land Cruiser yang meluncur beberapa waktu lalu. Terlihat body depan yang mengotak dengan bumper tebal yang membuat mobil ini terlihat kekar, serta tambahan lampu LED C Shapes.

Versi produksi dari Compact Cruiser EV yang dipamerkan beberapa waktu lalu ini kabarnya diluncurkan sekitar tahun depan. Bisa jadi mobil ini mengusung nama Lite Cruiser atau Yaris Cruiser.

Baca juga: Toyota Siap Luncurkan Land Cruiser Mini, Calon Pesaing Suzuki Jimny

2. Kapan Mobil Disebut Telat Ganti Oli Mesin?

Oli mesin Pertamina FastronPERTAMINA Oli mesin Pertamina Fastron

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan telat mengganti oli artinya ketika kemampuan oli sudah tidak lagi optimal, namun pengguna tidak kunjung menggantinya.

“Tugas utama oli mesin adalah melumasi setiap sudut di dalam mesin, sehingga komponen yang bergerak dan bergesekkan mendapatkan pelumasan, dampaknya keausan dapat dihindari,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Rabu (27/9/2023).

Baca juga: Kapan Mobil Disebut Telat Ganti Oli Mesin?

3. Cerita Kaka Slank Kepincut Vespa Listrik, Bikin Orang Lain Senyum

Kolaborasi Elders Elettrico dan Slank bikin 4.040 paket konversiKOMPAS.com/FATHAN Kolaborasi Elders Elettrico dan Slank bikin 4.040 paket konversi

Vokalis band Slank Kaka bisa dibilang punya pengalaman unik berkendara naik Vespa hasil konversi listrik. Bahkan sebelum menemukan Vespa yang nol emisi, dia sempat tidak mau main Vespa.

"Dulu sempat sudah males main Vespa. satu hari gua kepikiran, kalau mau main, Vespanya bukan Vespa yang dulu, tapi Vespa listrik," kata Kaka di acara riding Kolborasi Elders Elettrico dan Slank, Rabu (27/9/2023).

Baca juga: Cerita Kaka Slank Kepincut Vespa Listrik, Bikin Orang Lain Senyum

4. Intip Bus Pariwisata Mewah Punya PO Primajasa

Bus Pariwisata PO PrimajasaKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus Pariwisata PO Primajasa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com