Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plus Minus Sunroof dan Moonroof, Mana Lebih Baik?

Kompas.com - 28/09/2023, 10:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap mobil bisa memiliki atap jendela yang bisa terbuka alias sunroof atau moonroof. Namun, ada kelebihan dan kekurangan dari pemasangan perangkat kaca tersebut.

Untuk diketahui, antara sunroof dan moonroof terdapat perbedaan dari cara membukanya. Pada sunroof, kaca akan terbuka dengan bergeser ke atas atap. Sementara moonroof, kaca bergeser dengan masuk ke dalam atap.

Baca juga: Sering Terlupakan, Sunroof Mobil Juga Butuh Perawatan

Avudt, punggawa Cibubur Auto Custom yang merupakan bengkel spesialis sunroof, mengatakan, kelebihan sunroof biasanya hanya untuk tampilan saja. Sebab, sunroof lebih terlihat saat sedang terbuka.

Bengkel spesialis sunroof dan moonroof, Cibubur Sunroof menyediakan jasa pemasangan sunroof, moonroof dan panoramic roofdok Cibubur Sunroof Bengkel spesialis sunroof dan moonroof, Cibubur Sunroof menyediakan jasa pemasangan sunroof, moonroof dan panoramic roof

"Kekurangannya, pada sunroof posisi terbukanya sedikit kecil. Sebaliknya, dengan moonroof posisi terbuka lebih lebar. Tapi, jika difoto tidak terlihat," ujar Avudt, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Namun, banyak juga yang beranggapan bahwa pemasangan moonroof membuat atap plafon menjadi lebih turun. Sebab, posisi kaca saat terbuka masuk ke dalam atap. Sehingga, mengorbankan sedikit ruang kepala.

Baca juga: Semua Mobil Bisa Punya Sunroof, Siapkan Bujet Rp 15 Jutaan

pasang sunroof mobildok Cibubur Sunroof pasang sunroof mobil

"Kalau masalah plafon, balik lagi ke yang bikinnya sih. Tidak selalu seperti itu, memang sih ada perbedaan turunnya, tapi tidak terlalu signifikan," kata Avudt.

Sementara untuk perawatannya, menurut Avudt, baik sunroof atau moonroof sama saja. Bagian talang air perlu diperhatikan agar tidak tersumbat dan menyebabkan kebocoran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com