Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan The New SUV Mitsubishi Tidak Pakai Sunroof

Kompas.com - 01/08/2023, 14:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum diluncurkan secara resmi pada ajang GIIAS 2023, Mitsubishi Motors mengungkapkan desain eksterior dari The New SUV di Jakarta, Senin (31/8/2023).

Seperti diketahui, Mitsubishi Motors juga beberapa kali merilis informasi melalui beberapa teaser sebagai petunjuk dari model produksi dari The New SUV, termasuk desain, drive mode dengan empat pilihan, dan juga Dynamic Sound Yamaha Premium.

Baca juga: Ulas Desain Eksterior SUV Baru Mitsubishi

The New SUV yang dipamerkan oleh Mitsubishi Motors kepada awak media, mobil ini terlihat mirip dengan versi XFC concept yang ditampilkan pertama kali pada ajang IIMS 2023.

Desainnya kekar dengan ground clearance yang cukup tinggi untuk kelas SUV ringkas.

Tampilan samping The New SUV, mobil baru lansiran Mitsubishi berbasis XFC ConceptKOMPAS.com/Adityo Wisnu Tampilan samping The New SUV, mobil baru lansiran Mitsubishi berbasis XFC Concept

Namun, ada satu hal yang menarik perhatian, di mana SUV baru Mitsubishi ini belum dibekali sunroof maupun panoramic roof. Padahal, kompetitor di kelasnya seperti Honda HR-V dan Hyundai Creta sudah memiliki fitur tersebut.

Seiji Watanabe, Division General Manager Of Design Mitsubishi Motors Corporation mengungkapkan alasanya. Menurutnya, hal itu sengaja dilakukan agar The New SUV tidak memiliki bobot yang berat.

“Sebenarnya sunroof atau panoramic roof jika dipasang akan menambah bobot dari kendaraan. Mobil ini dibuat agar lebih lincah di perjalanan, dan kami ingin memberikan mobil dengan konsumsi bahan bakar yang lebih hemat. Ke depan mungkin akan dipikirkan penggunaan sunroof,” ucap Watanabe, Senin (31/8/2023).

Baca juga: PLN Pastikan Pasokan Listrik untuk SPKLU Aman


Meski begitu, Mitsubishi belum mengungkapkan bobot kendaraan serta klaim konsumsi bahan bakar. Kemungkinan akan dijelaskan pada saat GIIAS 2023, bertepatan dengan peluncuran resminya.

Pihak Mitsubishi juga baru akan mengumumkan nama resmi dan harga dari model SUV terbaru ini di GIIAS 2023 pada Agustus mendatang. Jadi mari kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com