Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara supaya Sunroof Mobil Enggak Macet Saat Buka Tutup

Kompas.com - 05/07/2023, 11:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sunroof menjadi salah satu fitur tambahan yang banyak ditemui di mobil-mobil mewah.

Bagi yang tinggal di perkotaan, intensitas menggunakannya memang akan sangat jarang. Hal ini lantaran cuaca di Ibu Kota yang kerap kali panas terik. Padahal, dengan komponen elektrik secara mekanis fitur ini juga butuh perawatan khusus.

Jika jarang digunakan, bisa membuat komponen mekanis mengalami kendala. Bahkan, sampai ada beberapa kasus yang setelah dibuka justru tidak bisa ditutup lagi karena motor penggeraknya macet.

Baca juga: McLaren Luncurkan Livery Khusus untuk GP Inggris

Avudt, pemilik bengkel spesialis sunroof dan moonroof, Cibubur Sunroof, mengatakan, untuk menghindari macet di sunroof mobil sebetulnya cukup mudah. Pemilik kendaraan diwajibkan untuk melakukan perawatan pada komponen tersebut minimal satu tahun sekali.

Sunroof pada VW T-CrossKompas.com/Donny Sunroof pada VW T-Cross

“Sebenarnya kalau macet itu dari relnya. Sebab, relnya itu kan ada pelumas, jadi satu tahun sekali harus dibersihkan supaya tidak macet,” ucap Avudt belum lama ini kepada Kompas.com.

Avudt menambahkan, akan lebih baik lagi jika pemilik kendaraan melakukan perawatan selama 6 bulan sekali, diikuti dengan pengecekkan pada talang air dan jalur pembuangan air untuk menghindari rembes atau kebocoran di plafon.

Baca juga: Morris Garages Siapkan MG4 XPower, Tenaganya Tembus 423 HP

Kemudian, bila memang jarang digunakan karena faktor kondisi jalan, usahakan seminggu sekali ketika berada di rumah untuk mengaktifkan fungsinya. Ini berguna untuk melancarkan sistem motoris serta elektrik pada sunroof sehingga bisa mencegah kemacetan akibat jarang digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com