Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Siap Luncurkan Land Cruiser Mini, Calon Pesaing Suzuki Jimny

Kompas.com - 28/09/2023, 07:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota dikabarkan sedang mengembangkan SUV ringkas lima pintu untuk menjadi pesaing Suzuki Jimny 5 pintu.

Dikutip dari Gaadiwaadi, Kamis (28/9/2023), Land Cruiser Mini tersedia dalam pilihan mesin hybrid dan battery electric vehicle (BEV). Meski begitu, tak menutup kemungkinan Toyota membekali mobil ini dengan Internal Combustion Engine (ICE).

Versi produksi dari Compact Cruiser EV yang dipamerkan beberapa waktu lalu ini kabarnya diluncurkan sekitar tahun depan. Bisa jadi mobil ini mengusung nama Lite Cruiser atau Yaris Cruiser.

Baca juga: Cek Biaya Servis Motor Listrik Gesits Raya

Secara tampilan, fascia Cruiser Mini terlihat mirip dengan Land Cruiser yang meluncur beberapa waktu lalu. Terlihat body depan yang mengotak dengan bumper tebal yang membuat mobil ini terlihat kekar, serta tambahan lampu LED C Shapes.

Compact Cruiser EVgaadiwaadi.com Compact Cruiser EV

Masih berdasarkan situs tersebut, kabarnya mobil ini memiliki ukuran yang hampir mirip dengan Corolla Cross, yakni panjang 4.350 mm, lebar 1.860 mm dan tinggi 1.880 mm, sedikit lebih panjang dari Jimny 5 pintu.

Untuk modal bersaing dengan Jimny, Toyota membekali Land Cruiser mini ini dengan sasis body on frame, tidak menggunakan arsitektur TNGA-C, seperti yang dikabarkan sebelumnya.

Baca juga: Semakin Sibuk Pasca-pensiun, Rossi Turun di 3 Kejuaraan Balap Mobil

Bicara soal jantung pacu, Land Cruiser Mini kabarnya dibekali dengan beberapa varian mesin, mulai dari mesin bensin 2.000 cc, mesin hybrid 2.500 cc, bahkan ada mesin diesel empat silinder turbocharger 2.800 cc.

Land Cruiser Mini kemungkinan akan melakukan debut global di Japan Mobility Show 2023 yang akan berlangsung Oktober mendatang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com