Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Pebalap Kritik Keamanan Sirkuit Buddh MotoGP India 2023

Kompas.com - 22/09/2023, 16:19 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pebalap mengaku sudah melakukan beragam persiapan untuk bersaing di seri ke-13 MotoGP 2023 yang akan berlangsung di Sirkuit Internasional Buddh di Uttar Pradesh, India.

Meski sempat mendapat kritikan karena homoligasi, dan lainnya, namun lintasan tersebut dinilai cukup baik dan mengesankan. Hanya saja ada satu hal yang masih jadi sorotan, yakni berkaitan dengan keselamatan.

Disitat dari Crash.net, kekhwatiran tersebut salah satunya diungkapkan oleh pebalap dari Aprillia, Pol Espargaro.

Baca juga: Polisi Perbanyak Kamera ETLE di Daan Mogot dan Kalideres

Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Jerman 2023. Terkini, Francesco Bagnaia dan Fabio Quartararo bakal mempersiapkan diri tampil di MotoGP India 2023.Dok. @pecco63 Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Jerman 2023. Terkini, Francesco Bagnaia dan Fabio Quartararo bakal mempersiapkan diri tampil di MotoGP India 2023.

"Pada awalnya, jujur saja, saya sempat keras sebelum datang ke sini. Tapi setelah dilihat, saya pikir jauh lebih baik dari yang kita semua pikirkan," katanya, Jumat (22/9/2023).

"Soal keselamatan, tentu ada hal yang bisa ditingkatkan, tapi menurut saya semua trek di dunia bisa ditingkatkan. Di sini kita harus mencari tahu, menurut saya tidak ada yang kritis, tetapi ada beberapa hal yang dapat ditingkatkan," tambah Pol.

Hal serupa juga diungkapkan pebalap LCR Honda asal Jepang, Takaaki Nakagami yang mengaku terkesan dengan lintasan tersebut. Tapi dia masih bertanya-tanya soal tingkat keamanannya.

"Sore ini saya berjalan bersama tim untuk mengecek bagaimana layout-nya. Saya melihat tata letaknya terlihat sangat bagus. Tapi yang menjadi tanda tanya adalah keselamatan," ungkap Nakagami.

Baca juga: Wanita Ini Histeris Mobilnya Senggolan dengan Truk, Diduga Masuk Blindspot

"Di beberapa area, sepertinya temboknya terlalu sempit. Tetapi mari kita lihat (ketika balapan dimulai)," kata dia.

Sementara Miguel Oliveira mengaku tidak sabar untuk bersaing di trek lurus yang cukup panjang di arena terkait.

"Ya, itu bagus (sirkuit). Tata letaknya menarik. Memiliki lintasan lurus yang panjang, namun sisanya terlihat sangat menyenangkan. Tampaknya dari luar cukup aman," kata dia.

Sirkuit Buddh, India sendiri merupakan satu-satunya arena baru pada MotoGP 2023, setelah sempat gagal untuk menggelar Super bike pada 2013. Meski begitu, arena ini telah memiliki sepak terjang baik dalam pergelaran F1 India sepanjang 2011-2013.

Lintasan balap ini memiliki panjang 4,96 kilometer serta lebar 12 meter dengan jumlah 8 tikungan ke kanan dan 5 tikungan ke kiri.

Baca juga: Tukang Parkir Liar Ditabrak Mobil, Polisi: Harusnya Memang Tidak Boleh

Aleix Espargaro, Jorge Martin, dan Alex Rins belajar sirkuit India buat seri MotoGP India selanjutnyaINSTAGRAM/ALEIXESPARGARO Aleix Espargaro, Jorge Martin, dan Alex Rins belajar sirkuit India buat seri MotoGP India selanjutnya

Berikut jadwal MotoGP India 2023:

Jumat, 22 September 2023

FP1: 13.15-14-25 WIB
Practice: 17.30-19.00 WIB

Sabtu, 23 September 2023

FP2: 12.10-12.40 WIB
Kualifikasi: 12.50-13.30 WIB
Sprint Race: 17.00 WIB

Minggu, 24 September 2023

Race Moto3: 14.00 WIB
Race Moto2: 15.15 WIB
Race MotoGP: 17.00 WIB

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com