Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Homologasi Grade 3 FIA Sirkuit Mandalika Setelah MotoGP Indonesia

Kompas.com - 11/09/2023, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina Mandalika International Street Circuit sedang berusaha melakukan homologasi sirkuit grade 3 standar Federasi Automobil Internasional (FIA) untuk penyelenggaran balap mobil.

Usaha untuk mendapatkan sertifikasi grade 3 FIA ini sebab Sirkuit Mandalika akan mulai menggelar balapan mobil, salah satunya Porsche Sprint Challenge kemudian juga balapan dari Radical Motorsport.

Baca juga: Bos Ducati Tanggapi Kabar Kepindahan Marquez ke Gresini

Sirkuit Mandalika, salah satu spot yang berada di KEK Mandalika.Shutterstock Sirkuit Mandalika, salah satu spot yang berada di KEK Mandalika.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria, pengelola Sirkuit Mandalika, mengatakan, walaupun belum resmi sebetulnya sirkuit dengan panjang 4,3 km dengan 17 tikungan itu sudah mengantungi grade 3 FIA.

"Jadi dari sisi keselamatan saya sudah mendapatkan unofficial grade 3 tinggal saya memasang speedbump di sirkuit," ujar Priandhi yang ditemui di Jakarta, Minggu (10/9/2023).

Priandhi mengatakan, FIA meminta untuk menambahkan speedbump atau "polisi tidur" yang berguna untuk mengurangi kecepatan mobil di area run off pada tikungan pertama.

Baca juga: Modus Begal Mengaku Debt Collector, Ini Tips Supaya Tidak Jadi Korban

para pembalap ARRC saat berada di sirkuit MandalikaKOMPAS.COM/IDHAM KHALID para pembalap ARRC saat berada di sirkuit Mandalika

"Saat ini belum memang karena saya tidak ingin mengganggu apapun dalam rangka menghadapi MotoGP," kata Priandhi.

"Jadi saya biarkan selesaikan MotoGP kemudian untuk pasang speedbump mungkin butuh waktu tiga minggu, kemudian didatangi lagi oleh pihak FIA untuk homologasi kemudian baru grade 3 keluar," ujarnya.

Untuk diketahui MotoGP Indonesia rencananya digelar pada 13-15 Oktober 2023. Sehingga dengan rencana yang disebutkan Priandhi, homologasi sirkuit grade 3 FIA paling cepat berjalan akhir tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com