Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil MotoGP San Marino 2023: Ducati Kuasai Podium, Kejutan dari Pedrosa

Kompas.com - 10/09/2023, 19:45 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -Ducati mendominasi podium pada gelaran MotoGP San Marino 2023. Minggu (10/9/2023). Pebalap Pramac Ducati, Jorge Martin menjadi juara, diikuti Marco Bezzecchi dari Mooney VR46 Ducati dan Francesco Bagnaia di posisi ketiga.

Pebalap wild card KTM, Dani Pedrosa membuat kejutan dengan finish di posisi empat. Pedrosa yang menjadi pebalap tes KTM ini bahkan sempat mengejar Bagnaia beberapa saat sebelum lap terakhir.

Selepas start, Jorge Martin yang memulai balapan dari pole position langsung memimpin jalannya balapan. Sementara posisi kedua, ditempati Francesco Bagnaia. Marco Bezzechi berada di posisi ketiga pada lap pertama.

Martin dan Bagnaia langsung membuka jarak dengan barisan di belakang. Masih di lap pertama, Bagnaia langsung mencoba untuk menyalip Martin. Serangan demi serangan terus dilancarkan oleh Bagnaia.

Sementara itu, Bezzecchi mengambil kesempatan untuk mendekati Bagnaia. Tiga pebalap terdepan ini membuka jarak dengan pebalap di belakangnya hingga lebih dari setengah detik.

Memasuki lap keempat, posisi pebalap terdepan belum mengalami perubahan. Sementara jarak dengan barisan di belakangnya semakin terbuka.

Pada lap kelima, Bezzecchi sempat melakukan kesalahan dengan melebar di tikungan. Tapi, dengan cepat dia kembali menjaga jarak dengan Brad Binder di belakangnya dan kembali mendekati Bagnaia.

Bagnaia masih terus menempel ketat di belakang Martin pada lap keenam. Pada lap yang sama, Bezzecchi sempat menyalip Bagnaia. Sayangnya, dia melebar dan Bagnaia pun kembali merebut posisi kedua.

Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP San Marino 2023Dok. KTM Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP San Marino 2023

Untuk diketahui, Bagnaia dan Bezzecchi sama-sama membalap dengan kondisi cedera akibat kecelakaan pada seri sebelumnya. Bagnaia cedera pada kaki kanannya, sedangkan Bezzecchi pada tangan kirinya.

Pada lap ketujuh, Martin masih menjaga dominasinya di posisi terdepan. Bagnaia tetap berada di posisi kedua dan Bezzecchi masih di posisi ketiga. Sementara itu, Binder terus mencoba mendekati barisan terdepan.

Pada lap kesembilan, Binder terjatuh karena kehilangan cengkraman pada ban depan. Namun, insiden tersebut menguntungkan Dani Pedrosa. Pebalap tes KTM yang mendapat wildcard ini naik ke posisi keempat.

Namun, jarak Pedrosa dengan ketiga pebalap terdepan terpaut cukup jauh, yakni hingga 1,8 detik.  Pada lap kesepuluh ini, posisi masih belum mengalami perubahan. Martin memimpin di depan, Bagnaia di posisi kedua, dan posisi ketiga ada Bezzecchi.

Pada lap kesebelas, Jack Miller dan Michele Pirro mengalami kecelakaan hingga dikibarkannya bendera kuning. Insiden tersebut juga berdampak pada Fabio Di Giannantonio, tapi beruntung pebalap Gresini Racing tersebut tidak sampai terjatuh dan bisa melanjutkan balapan.

Memasuki lap keduabelas, Pedrosa semakin mendekati barisan terdepan. Jarak Pedrosa dengan Bezzecchi hanya terpaut 0,6 detik. Sementara jarak Pedrosa dengan Maverick Vinales, terpaut hingga 3,5 detik.

Pada lap ketujuhbelas, Marc Marquez tak disangka-sangka berhasil bertahan di posisi keenam. Bahkan, dia terus mencoba untuk merebut posisi kelima dari Vinales.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com