Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasi Zebra Jaya Sempat Diundur, Ternyata Ini Alasannya

Kompas.com - 18/09/2023, 13:31 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya mulai memberlakukan operasi Zebra Jaya 2023 untuk wilayah DKI Jakarta mulai hari ini, Senin (18/9/2023), dan akan berlangsung selama dua pekan

Pihak Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menjelaskan, pelaksanaan Operasi Zebra untuk wilayah Jakarta memang sempat ditunda. Berbeda dengan wilayah lain yang sudah melaksanakan sejak 4 September 2023.

Adapun alasan penundaan ini, sebab adanya acara KTT ASEAN di Jakarta pada tanggal 5-7 September 2023.

Kepala Urusan Pembinaan Operasi (KBO) Lantas Jakarta Barat, AKP Sudarmo menjelaskan, selama masa KTT ASEAN, semua personil Kepolisian diarahkan untuk tugas pengawalan dan pengamanan.

Baca juga: Pertamina Siapkan 30 Titik SPBKLU Tahun Ini

Suasana di Jalan Jenderal Sudirman kawasan Semanggi - Bundaran Senayan yang ditutup karena acara Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN, Rabu (6/9/2023).KOMPAS.com/RIZKY SYAHRIAL Suasana di Jalan Jenderal Sudirman kawasan Semanggi - Bundaran Senayan yang ditutup karena acara Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN, Rabu (6/9/2023).

“Jadi sebelum, saat, dan sesudah KTT, masih harus dilakukan pengawalan dan pengamanan.,” ucapnya kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (18/9/2023).

Menimbang Operasi Zebra Jaya adalah agenda rutin khusus tahunan, pelaksanaannya harus optimal dan tidak bisa dibagi.

“Tidak akan kondusif kalau harus dibagi dengan KTT, makanya Operasi Zebra diundur, baru mulai efektif hari ini,” kata Sudarmo.

Baca juga: Bukan Sekadar Nomor Acak, Deretan Angka di Pelat Nomor Memiliki Arti

Apel pagi sebelum pelaksanaan operasi zebra jaya 2023Kompas.com/Daafa Alhaqqy Apel pagi sebelum pelaksanaan operasi zebra jaya 2023

Menurutnya, informasi ini penting diketahui masyarakat luas, untuk mencegah terjadinya misinformasi terkait penegakkan aturan lalu lintas.

“Masih ada yang tanya, kenapa operasi zebra Jakarta diadakan dua kali? Kita (Polisi) belum mengadakan ya, itu (operasi zebra) baru diadakan di wilayah lain, kalau Jakarta baru mulai hari ini,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com