Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelajah Yogyakarta-Solo Bersama Hyundai Stargazer X

Kompas.com - 01/09/2023, 12:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Stargazer X resmi meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Mobil ini hadir untuk mengisi celah di segmen Low Sport Utility Vehicle atau LSUV.

Pihak Hyundai mengajak bebeapa media untuk mencoba keunggulan Stargazer X lewat acara test drive melewati jalur Yogyakarta-Solo, untuk merasakan keungguan Stargazer X dan merasakan perbedaan dengan Stargazer yang merupakan mobil MPV.

Baca juga: Uji Ketangguhan Mitsubishi Triton ke Luar Kota

Perbedaan antara Stargazer X dengan Stargazer sudah pernah Kompas.com bahas. Maka kali ini tujuannya ialah menjajal rasa berkendara Stargazer X.

Pihak Hyundai mengajak beberapa media untuk mencoba keunggulan Stargazer X lewat acara test drive melewati jalur Yogyakarta-SoloFoto: Hyundai Pihak Hyundai mengajak beberapa media untuk mencoba keunggulan Stargazer X lewat acara test drive melewati jalur Yogyakarta-Solo

Saat pertama kali masuk kabin Stargazer X maka hal pertama yang terlihat ialah bentuk dasbor baru yang lebih rendah. Bentuk ini memberikan pengemudi jangkauan pandangan yang lebih maksimal.

Kemudian terlihat fitur baru yaitu auto hold serta electronic parking brake (EPB) yang memudahkan pengemudi. Rem parkir baru ini juga membuat konsol tengah terlihat lebih simpel.

Rute hari pertama cukup padat, Senin (28/8/2023). Start mulai dari bandara Yogyakarta International Airport, di Kabupaten Kulon Progo menuju Magelang. Rute yang disajikan mayoritas ialah jalan aspal mulus dengan beberapa jalur yang berkelok.

Saat pertama menjajal Stargazer X jujur tidak ada ubahan berarti di rasa berkendara dengan sang saudara Stargazer. Tenaga dan torsi tetap sama karena tidak ada perbedaan teknis di bagian mesin, perbedaan teknisnya ialah pelek lebih besar dan profil ban lebih tipis.

Baca juga: Ratusan Mobil Listrik Siap Ramaikan KTT ASEAN Ke-43 Jakarta

Pihak Hyundai mengajak beberapa media untuk mencoba keunggulan Stargazer X lewat acara test drive melewati jalur Yogyakarta-SoloFoto: Hyundai Pihak Hyundai mengajak beberapa media untuk mencoba keunggulan Stargazer X lewat acara test drive melewati jalur Yogyakarta-Solo

Sensasi itu yang langsung terasa pertama kali Kompas.com kemudian. Bantingannya terasa lebih kaku tapi juga rasa berkendara jadi sporty karena profil ban lebih tipis, tapi sebetulnya suspensi Stargazer X dan stargazer MPV tetap sama.

Sebagai LSUV, bagian kaki-kaki Stargazer X dibenamkan pelek baru berdesain Diamond Cut Alloy berukuran 17 inci, atau naik 1 inci ketimbang Stargazer yang pakai pelek ukuran 16 inci. Namun, profil ban pada Stargazer X dibuat lebih tipis yaitu 205/50.

"Kalau Stargazer yang biasa itu ring 16 bannya 205/55 R16 kalau Stargazer X karena ring 17 untuk berusaha agar bisa memaintain total diameter yang semirip mungkin, saya tidak bisa bilang sama karena tidak mungkin sama tapi semirip mungkin maka profilnya dikecilkan dari 55 menjadi 50 persen dengan lebar tapak yang sama 205," ujar Bonar Pakpahan, Product Expert Hyundai Motors Indonesia, di Solo, Jawa Tengah.

Baca juga: Catat Lokasi Tilang Uji Emisi Kendaraan di Jakarta Hari Ini

Pihak Hyundai mengajak beberapa media untuk mencoba keunggulan Stargazer X lewat acara test drive melewati jalur Yogyakarta-Solo.Foto: Hyundai Pihak Hyundai mengajak beberapa media untuk mencoba keunggulan Stargazer X lewat acara test drive melewati jalur Yogyakarta-Solo.

Masuk Magelang, rombongan diarahkan menuju tempat makan siang di restoran Enam Langit sembari beristirahat dan melihat pemandangan ‘negeri di atas awan’ dari Bukit Menoreh.

Trek menuju ke sana melintasi tanjakan lumayan terjal yang hanya muat satu mobil dengan jalan beton. Medan yang cukup menantang buat Stargazer X yang punya sistem penggerak roda depan.

Untuk diketahui transmisi CVT Stargazer X tidak punya gigi rendah atau gigi "L" tapi mobil dibekali dengan manual di "D" yang bisa naik turun sesuai keinginan pengemudi.

Mobil juga dibekali dengan empat driving mode, yaitu eco, normal, sport dan smart.

Untuk menanjak ke lokasi Kompas.com cukup mengandalkan gigi "D" tanpa harus pindah ke manual, sempat juga memakai mode sport. Mobil mampu merangkak pasti meski beberapa kali berhenti saat tanjakan dan menanjak dari keadaan berhenti.

Baca juga: Strategi Bos Baru Hyundai Lihat Pasar Otomotif Indonesia

Hyundai Stargazer XKOMPAS.com/Gilang Hyundai Stargazer X

Usai dari Magelang perjalanan dilanjutkan ke Solo. Niatnya ialah untuk masuk ke tol Salatiga-Solo lewat Kopeng, jalur penghubung Salatiga-Yogyakarta. Namun rutenya berubah karena beberapa mobil termasuk Kompas.com terpisah rombongan sehingga akhirnya lewat jalur Selo, Boyolali, di kaki Gunung Merbabu.

Jalur jalan dengan demografi naik turun dan berkelok tersebut jadi santapan buat Stargazer X. Penerapan cakram di roda belakang membuat pengereman jadi lebih terukur. Pengemudi lebih "pede" jika ingin mengerem keras.

Sampai akhirnya mobil masuk ke Tol Boyolali-Solo dan di sini mencoba akselerasi serta berbagai fitur Stargazer X. Keunggulan Stargazer X tetap sama seperti Stargazer biasa, diajak lari sampai 130 kpj tetap stabil dan nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com