Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Ganti Lampu Mobil Pakai LED Warna Putih, mulai Rp 500.000

Kompas.com - 13/09/2023, 16:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Seiring berkembangnya zaman, cahaya yang dipancarkan lampu utama mobil ganti, dari yang kuning ke putih. Bahkan bawaan pabrik, kebanyakan sudah pakai lampu LED berwarna putih.

Bagi pemilik mobil yang warna lampu utamanya masih kuning, bisa ganti dengan yang putih di bengkel variasi. Apalagi sekarang sudah mulai terjangkau harganya, tidak terlalu mahal dan bisa mengubah tampilan mobil.

Haedir Balfas, Marketing Raja Audio dan Variasi di Bogor mengatakan, kalau paling murah, tersedia yang Rp 500.000, sudah LED dan sepasang.

Baca juga: Video Innova Pakai Lampu Rem Silau, Langsung Ditindak Polisi

Lampu mobil LEDDicky Aditya Wijaya Lampu mobil LED

"Tapi biasanya saya tawarkan yang Rp 800.000, dia lebih bagus kualitasnya, terutama kalau yang satu lampu dua fungsi, buat jarak dekat dan jauh (high beam)," kata Haedir kepada Kompas.com, Senin (11/9/2023).

Sedangkan untuk yang Rp 500.000, cocok dipakai untuk model lampu depan yang terpisah antara lampu dekat dan jauh. Jadi kerjanya tidak terlalu berat dan bisa lebih awet pemakaiannya.

"Garansi enam bulan, begitu ada kerusakan langsung ganti, bukan diperbaiki," kata Haedir.

Baca juga: Chery Siap Luncurkan Varian Baru Omoda 5

Kebanyakan orang yang ganti warna lampu ini adalah pemilik mobil lama yang generasi barunya sudah pakai lampu yang putih warnanya. Misal seperti Honda Brio, Toyota Avanza, Calya, sampai Daihatsu Sigra.

"Biasanya tuh di mobil yang dulu kuning terus generasi selanjutnya putih. Itu banyak yang mau upgrade," kata Haedir.

Untuk model lampu yang ditawarkan, sudah LED dan tinggal pasang saja. Tidak perlu ada pasang kabel, cuma cabut yang lama dan pasang yang baru.

Haedir mengatakan, keunggulan lampu LED berwarna putih ini adalah cahayanya terang tapi dengan watt kecil. Sehingga usia pakai bisa lebih panjang tanpa khawatir merusak komponen kelistrikan atau mika meleleh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com