Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Motor Listrik Subsidi yang Paling Mahal, United TX3000

Kompas.com - 13/09/2023, 14:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - United TX3000 jadi motor yang mendapat subsidi dari pemerintah. Kalau dicek lewat laman Sisapira, TX3000 sekarang dibanderol Rp 42,9 juta, berarti sebelum subsidi harganya hampir Rp 50 juta.

Soal tampilan, TX3000 memang beda dari motor listrik lainnya. Desainnya bisa dibilang futuristis dan mirip skuter bongsor, apalagi dengan visor depan yang besar.

Tapi dengan harga yang masih Rp 40 jutaan, apa istimewanya dari TX3000?

Baca juga: Motor Listrik United Siap Ramaikan Pasar Malaysia

Motor listrik United TX3000KOMPAS.com/ADITYO WISNU Motor listrik United TX3000

Secara spesifikasi, TX3000 menggunakan dinamo dengan tenaga 3kW. Hasilnya, motor tersebut bisa melaju sampai kecepatan 90 Kpj.

Tersedia tiga mode berkendara yang membatasi kecepatannya, 1 di 40 Kpj, 2 di 60 Kpj, dan 3 di 90 Kpj.

Selain itu, tersedia dua slot baterai dan dikombinasikan, TX3000 bisa jalan sejauh 120 Km. Tersedia pilihan cas langsung ke motor (syarat listrik 1.300 Watt) dan dilepas dari motor, satu per satu dicas.

Pada baterai tersebut juga disematkan sistem fast charging. United klaim dari 0-80 persen cuma butuh waktu empat jam, lumayan cepat buat ukuran baterainya juga yang besar.

Baca juga: Cek Harga Isuzu Panther Bekas, Mulai Rp 60 Jutaan


Fitur lain yang disematkan ke TX3000 adalah One-Key Easy Opening atau biasa kita sebut dengan keyless. Sistem satu kunci atau remot ini bisa untuk menyalakan motor juga membuka panel baterai.

Keunikan lain yang ditawarkan dari TX3000 adalah built-in Bluetooth yang bisa dikoneksikan ke telepon genggam. Jadi selama perjalanan bisa dengar lagu karena ada speaker, yang juga bisa digunakan sebagai suara artifisial.

Lalu, ada juga U-Key, sistem yang menghubungkan motor dengan telepon genggam. Tersedia fitur seperti tombol SOS, menyalakan dan mematikan motor, cek posisi, dan sebagainya.

Motor listrik United TX3000Fendi Motor listrik United TX3000

Secara kepraktisan, bagasi dari TX3000 lumayan lega. Lalu ada juga port USB untuk mengisi daya telepon genggam selama perjalanan.

Jadi dengan banderol Rp 42,9 juta, apakah menarik meminang TX3000 sebagai motor listrik yang digunakan sehari-hari? Silahkan coba sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com