Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganti Bohlam Lampu Kabut Avanza Lawas Perhatikan Kapasitas Watt

Kompas.com - 29/08/2023, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Toyota Avanza lawas tipe tertentu, sudah dilengkapi dengan lampu kabut. Perlu diketahui, pergantian bohlam pada lampu kabut ini tidak bisa sembarangan.

Avanza lawas masih mengandalkan bohlam pada lampu kabutnya. Tentunya, bohlam memiliki usia pakai. Sehingga, ketika bohlamnya putus, maka harus diganti dengan yang baru.

Baca juga: Pasar Juli 2023 Turun, Avanza Masih Kuasai Segmen MPV Murah

Yomin Sugianto, pemilik bengkel spesialis lampu Yoong Motor, mengatakan, lampu kabut Avanza yang baru-baru menggunakan bohlam tipe H16. Memang persamaan kakinya mirip dengan H11.

Toyota Avanza IIMS Hybrid 2021KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Toyota Avanza IIMS Hybrid 2021

"Tapi, H16 itu hanya 19 watt. Sedangkan H11, ada yang 50 watt. Jadi, H11 itu untuk lampu kabut model lama, yang masih menggunakan beling atau kaca," ujar pria yang akrab disapa Koh Yoong tersebut, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Koh Yoong menambahkan, banyak pemilik Avanza yang mengganti lampu kabutnya dengan 55 watt atau 50 watt. Sedangkan, yang orisinal Avanza lawas hanya 35 watt untuk tipe H11.

Baca juga: Paket Antikarat Rp 1 Jutaan untuk Toyota Avanza dan Rush

Toyota Avanza bergaya staticPhoto by @alfin.photoworks Toyota Avanza bergaya static

Penggunaan bohlam tipe H11 memang menghasilkan cahaya yang lebih terang dibandingkan tipe H16. Namun, perlu diketahui bahwa panas yang dihasilkan juga lebih tinggi.

Sehingga, bisa membuat rumah lampu kabut menjadi meleleh. Kondisi tersebut yang sering kali menyebabkan insiden lampu kabut Avanza terbakar atau berasap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com