Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Bahan Rumah Tangga buat Bersihkan Kaca dan Lampu Mobil

Kompas.com - 25/08/2023, 19:11 WIB
Selma Aulia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan kaca atau mika dan lampu mobil yang kusam ternyata bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah, serta aman dan efektif sehingga tidak merusak permukaannya.

Kaca mobil yang terlihat kusam bisa terjadi karena masa pakai dan parkir yang sering di tempat yang panas. Kondisi ini menimbulkan bahaya saat malam hari, alasanya karena mika lampu yang buram akan mengurangi daya sorot lampu.

Pengguna mobil yang mengalami ini, biasanya akan mengganti lampu bawaan dengan versi aftermarket yang lebih terang. Namun, ada solusi untuk membersihkan kaca dan lampu mobil, yang bahanya mudah ditemukan di rumah, yaitu:

Baca juga: Pentingnya Mengenal Viskositas Oli Mesin Mobil

Ilustrasi pasta gigi. PIXABAY/BRUNO Ilustrasi pasta gigi.

1. Pasta Gigi

CEO Makko Group, Christopher Sebastian mengatakan, untuk mengatasi mika lampu yang menguning, pemilik mobil bisa melakukan perawatan sendiri dengan menggunakan pasta gigi.

"Pertama bersihkan dulu headlamp dengan air bersih, lalu keringkan dengan kanebo dan lap kering. Setelah itu oleskan pasta gigi secara merata ke seluruh permukaan. Gosok dengan pola melingkar, diamkan sejenak, lalu siram dengan air hingga bersih," ungkap Christopher kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Balada Rangka eSAF Honda, Demi Cuan Justru Meresahkan

ilustrasi minuman bersoda.SHUTTERSTOCK/Nuttadol Kanperm ilustrasi minuman bersoda.

2. Soda

Soda memiliki unsur kimia yang dinilai mampu menghilangkan jamur pada kaca mobil. Dengan membasahi kain microfiber dengan air soda dan gosokan pada kaca mobil yang berjamur.

Meskipun caranya mudah, namun jangan dicampur dengan air, karena unsur kimia dalam soda tidak bernyawa tidak akan bekerja dan mengurangi khasiatnya.

Baca juga: Seberapa Bahaya Dampak Kerusakan Rangka Motor?

Ilustrasi alkohol gosok, menuangkan alkohol gosok.SHUTTERSTOCK/TONG PATONG Ilustrasi alkohol gosok, menuangkan alkohol gosok.

3. Alkohol

Selain dapat membersihkan luka, alkohol juga bisa digunakan untuk kaca mobil. Caranya dengan membasahi kain lembut dengan cairan alkohol kemudian digosokkan pada permukaan kaca mobil.

Perlu diingat ketika membersihkan kaca mobil, jangan menggosok permukaan kaca secara kasar agar kaca tidak tergores.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com