Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Vios Dapat Bintang Lima Tes Tabrak ASEAN NCAP

Kompas.com - 12/09/2023, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Vios generasi keempat sudah dites keamanannya oleh New Car Assessment Program untuk wilayah ASEAN (ASEAN NCAP). Sedan ini sangat aman hingga hasil tes tabraknya mendapatkan bintang lima.

Dikutip dari laman ASEAN NCAP, Selasa (12/9/2023), tipe yang diuji adalah tipe G. Tapi, sedan mini ini hasil produksi Malaysia, untuk pasar Malaysia. Meski demikian, peringkat yang didapat berlaku juga untuk tipe lain dari Vios yang dibuat di Thailand untuk pasar Brunei, Indonesia, Laos, dan Kamboja.

Baca juga: Ulas Perbedaan Toyota Limo dengan Vios

Untuk perlindungan penumpang dewasa atau Adult Occupant Protection (AOP) Vios mendapatkan nilai 35,25 poin dari 40 poin dalam kategori tersebut. Sementara perlindungan penumpang anak atau Child Occupant Protection (COP), sedan segmen B ini mendapat nilai 16,64 poin dari 20 poin.

Toyota ViosKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Toyota Vios

Ketersediaan pengereman darurat otonom atau Autonomous Emergency Braking (AEB) serta sistem bantuan keselamatan canggih lainnya membuat Vios 2023 mendapatkan 16,08 poin dari 20 poin dalam kategori bantuan keselamatan atau Safety Assist (SA). Kemudian, Vios juga mendapatkan 10,73 poin dalam kategori keselamatan pengendara sepeda motor atau Motorcyclist Safety (MS).

Penyesuaian bobot poin membuat skor keseluruhan untuk Toyota Vios 2023 mencapai total 78,70 poin. Sehingga, Vios memenuhi syarat untuk mendapatkan peringkat bintang lima ASEAN NCAP.

Baca juga: Ketika Toyota Vios Limo Taksi Pakai Wajah Lexus

Toyot Vios generasi terbaruKompas.com/Nanda Toyot Vios generasi terbaru

"ASEAN NCAP senang bahwa Toyota berkomitmen untuk memastikan keselamatan penumpang kendaraan dan pengguna jalan lainnya dengan melengkapi sedan ini dengan berbagai teknologi bantuan keselamatan untuk melindungi mereka dari kejadian tak terduga saat berkendara di jalan raya," tulis pernyataan ASEAN NCAP.

Vios dipasarkan di Indonesia oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Sedan ini dibanderol mulai Rp 363,2 juta (OTR Jakarta) untuk tipe G CVT dan Ro 376,4 juta (OTR Jakarta) untuk tipe G TSS CVT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com