Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTM Bereksperimen, Pedrosa Pakai Sasis dari Serat Karbon

Kompas.com - 09/09/2023, 15:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dani Pedrosa kembali tampil kompetitif pada dua sesi latihan bebas MotoGP San Marino 2023 di Sirkuit Misano. Ternyata, pebalap tes KTM ini sedang mengetes sasis dari serat karbon untuk motor balap RC16.

Direktur Motorsport KTM Pit Beirer, mengatakan, KTM mengambil risiko untuk mengetes beberapa teknologi baru. Ternyata, komponen baru tersebut bekerja hingga Pedrosa mau mencoba balapan dengannya.

Baca juga: Jatah Ban Tes Dikurangi, Pedrosa Ikut Wildcard di MotoGP Misano

"Ini proyek pengetesan di akhir pekan ini, sesuatu yang spesial, Anda selalu belajar lebih saat akhir pekan balapan dibandingkan saat pengetesan," ujar Beirer, dikutip dari Crash.net, Sabtu (9/9/2023).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KTM Factory Racing (@ktmfactoryracing)

Untuk diketahui, sasis dengan material serat karbon sudah sejak lama tidak digunakan di MotoGP. Pabrikan terakhir yang menggunakannya adalah Ducati pada musim 2011.

Material yang umum digunakan sebagai sasis adalah aluminium. Namun, ketika KTM hadir di MotoGP pada 2017 lalu, pabrikan asal Austria ini melakukan gebrakan dengan menggunakan sasis teralis dari baja.

Baca juga: KTM Sebut Dani Pedrosa Punya Peran Penting dalam Pengembangan Motor

Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP San Marino 2023Dok. KTM Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP San Marino 2023

"Ya, kami menggunakan sasis yang berbeda. Kami masih mengetesnya dan mengumpulkan informasi. Saya tidak bisa memberikan Anda detailnya, tapi tentunya rasanya berbeda," kata Pedrosa.

Pada sesi latihan bebas FP1, Pedrosa mencatatkan waktu 1 menit 32,350 detik dan berada di posisi keenam. Lalu, pada sesi latihan Practice, Pedrosa naik ke posisi ketiga dengan catatan waktu yang lebih tajam, yaitu 1 menit 31,101 detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com