Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Vido Trans Nusa Pamerkan 3 Unit Bus Baru Rakitan Laksana

Kompas.com - 06/09/2023, 17:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan otobus (PO) Gumarang Jaya beberapa waktu lalu telah mengumumkan akan membuka divisi bus pariwisata bernama PO Vido Trans Nusa.  Hanya saja, calon bus dari layanan anyar PO asal Lampung tersebut masih dirahasiakan. 

Namun setelah desain bus rampung di pihak karoseri, tampang dari bus PO Vido Trans Nusa dipublikasikan di media sosial. Ada tiga unit bus yang dirilis untuk line perdana bus pariwisata tersebut. 

Ketiganya merupakan bus rakitan Karoseri Laksana yang menggunakan bodi SR3 Panorama Ultimate Edition. Lalu ketiga bus ditopang oleh sasis Hino RK 280.

Baca juga: Cari Mobil Bekas Berkualitas di Getrich Auto, Jangan Lupa Cek 4 Hal Ini

Pada tampilan eksterior, bus masih mengadopsi DNA dari bus AKAP milik PO Gumarang Jaya. Maka dari itu bus masih menggunakan kelir putih yang dipadukan dengan permainan garis livery kuning, merah dan biru.

Livery tersebut diadaptasi dari bendera Marawa yang merupakan bendera masyarakat Minang, Sumatera Barat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

 

Hanya saja, bentuk atau tarikan garis livery bus tampak berbeda. Bila livery bus AKAP milik PO Gumarang Jaya berbentuk melengkung seperti pelangi, livery pada bus PO Vidi Trans Nusa justru tampil lebih eksentrik dengan garis yang lurus yang lebih tegas. 

Baca juga: Indonesia Tidak Beda-bedakan Investor Kendaraan Listrik

Fasia depan bus sengaja dibuat dengan model single glass yang membuat pandangan penumpang ke luar jadi lebih luas tanpa ada penghalang. 

Pada bagian kabin bus terdiri atas kapasitas 50 kursi penumpang. Agar penumpang lebih nyaman, bus juga dilengkapi dengan satu unit TV di area paling depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com