Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Mustang GTD, Mobil Balap yang Legal di Jalan Raya

Kompas.com - 24/08/2023, 18:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ford belum lama ini merilis Mustang GTD. Mobil sport ini merupakan mobil yang legal di jalan raya, tapi sebenarnya memiliki spesifikasi layaknya mobil balap.

CEO Ford Jim Farley, mengatakan, ini adalah pendekatan baru bagi Ford. Pabrikan asal Amerika Serikat tersebut tidak merekayasa mobil jalan raya untuk lintasan balap, tapi menciptakan mobil balap untuk jalan raya.

Baca juga: Mau Bikin Replika Ford Mustang Fastback, Siapkan Dana Rp 1,6 Miliar

"Mustang GTD mengambil teknologi balap dari mobil balap Mustang GT3 kami, membungkusnya dengan bodi Mustang berbahan serat karbon dan mengeluarkannya untuk jalanan," ujar Farley, dikutip dari Paultan.org, Kamis (24/8/2023).

Ford Mustang GTDDok. Paultan.org Ford Mustang GTD

Untuk diketahui, nama 'GTD' merujuk pada kelas balap IMSA GTD untuk mobil yang dibuat sesuai dengan peraturan teknis FIA GT3.

Mustang GTD rencananya akan dipasarkan pada akhir 2024 untuk model 2025. Mobil sport ini akan diproduksi dalam jumlah yang terbatas dengan harga mulai 300.000 dollar AS atau sekitar Rp 4,5 miliar.

Baca juga: Produksi Mobil Listrik Ford Mustang Mach-E Capai 150.000 Unit

Mustang GTD diproduksi di Flat Rock, sebelum diangkut ke Multimatic di Markham, Kanada. Perusahaan tersebut adalah mitra Ford yang merakit Ford GT dan mobil kompetisi lainnya.

Ford Mustang GTDDok. Paultan.org Ford Mustang GTD

Ford membekali mobil ini dengan mesin berkapasitas 5.2 L, dengan konfigurasi V8, supercharged. Mesin tersebut diklaim dapat menghasilkan tenaga hingga 800 tk.

Untuk mendapatkan tenaga sebesar itu, mesin Mustang mengalami revisi, antara lain pada bagian saluran masuk udara dan sistem pelumasannya.

Dengan beberapa peningkatan, mesinnya dapat berputar lebih dari 7.500 rpm dan akan terdengar cukup mengintimidasi jika dikombinasikan dengan sistem knalpot titanium active vale.

Ford Mustang GTDDok. Paultan.org Ford Mustang GTD

Tenaga disalurkan ke roda belakang melalui unit transaxle kopling ganda 8-percepatan yang memiliki poros penggerak serat karbon untuk distribusi bobot yang mendekati 50:50.

Mustang GTD juga dilengkapi dengan suspensi semi-aktif yang dapat memvariasikan tingkat pegas dan ketinggian mobil.

Suspensinya juga ditingkatkan agar bisa diatur sesuai dengan preferensi pengendaranya. Ford juga membuat mobil ini seringan mungkin, dengan banyak bagiannya yang mengandalkan material serat karbon, seperti kap mesin, fender, penutup yang menggantikan tutup bagasi, kusen pintu, splitter depan, diffuser belakang, dan atap.

Ford Mustang GTDDok. Paultan.org Ford Mustang GTD

Selain ringan, desainnya tentu dibuat sangat aerodinamis, yang merupakan titik fokus utama mengembangkan GTD. Komponen baru yang menonjol termasuk splitter depan serta kap mesin berventilasi dan fender depan.

Untuk lebih menonjolkan eksistensinya, Ford juga menawarkan sayap belakang aktif yang dipasang di pilar-C yang dikontrol secara hidrolik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com