Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Mustang Shelby GT500, Mobil Ikonik dari Film "Gone in 60 Seconds"

Kompas.com - 27/07/2021, 08:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, berita mengenai Ford Mustang Shelby GT500 yang terbakar di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Senin (26/7/2021), bersliweran di media sosial. Bagi para petrolhead, pasti sudah tidak asing dengan mobil ikonik ini.

Muscle car dari Amerika ini menjadi terkenal karena sering kali tampil dalam layar lebar, seperti Bullitt, The Thomas Crown Affair, Diamonds are Forever, dan Fast and Furious Tokyo Drift.

Baca juga: Mustang Shelby GT500 Terbakar di Pondok Indah, Diduga Korsleting

Namunn, boleh jadi film yang membuat mobil ini menjadi ikonik adalah "Gone in 60 Seconds" yang dirilis pada 1974 dan dibuat ulang pada 2000. Mustang Shelby GT500 pada film pertama sudah diberi nama julukan Eleanor.

Ford Mustang Shelby GT500 alias Eleanor, mobil ikonik dari film Gone in 60 SecondsDok. ChromeCars Ford Mustang Shelby GT500 alias Eleanor, mobil ikonik dari film Gone in 60 Seconds

Pada film yang dirilis di tahun 2000 dan dibintangi oleh Nicholas Cage tersebut, nama Eleanor makin melekat hingga sekarang.

Ciri khas Eleanor, dua lampu kabut di tengah gril, ceper dan menggunakan ban 17 inci. Tambahan lain, tombol untuk mengaktifkan NOS dengan tulisan ”Go Baby Go” pada dashboard.

Baca juga: Bea Cukai Lelang Muscle Car Mulai Rp 250 Jutaan, Ada Ford Mustang

Dikutip dari Musclecarsandtrucks.com, Selasa (27/7/2021), Eleanor yang digunakan pada film tersebut merupakan hasil modifikasi yang dibangun oleh Cinema Vehicle Services. Modifikasinya didesain oleh Steve Stanford dan Chip Foose.

Ford Mustang Shelby GT500 alias EleanorDok. ChromeCars Ford Mustang Shelby GT500 alias Eleanor

Untuk dapur pacunya, Eleanor dibekali mesin Ford Racing 5,8 liter V8 yang mampu hasilkan tenaga hingga 400 tk. Mesinnya dipadukan dengan sistem transmisi manual 4-percepatan.

Mobil terbakar yang diketahui adalah Ford Mustang Shelby GT500, di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, dan diduga karena terjadi korsleting listrikDok. @tmcpoldametro Mobil terbakar yang diketahui adalah Ford Mustang Shelby GT500, di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, dan diduga karena terjadi korsleting listrik

Tak sedikit para petrolhead yang terinspirasi dari film tersebut dan membuat replika Eleanor. Salah satunya adalah mobil yang memiliki nomor polisi B 60 NNE yang terbakar di Pondok Indah tersebut.

Baca juga: Mustang Shelby GT500 Terbakar di Pondok Indah, Diduga Korsleting

Ford Mustang Shelby GT500 replika Eleanor terbakar di Pondok IndahDok. Samsat PKB-BBNKB Ford Mustang Shelby GT500 replika Eleanor terbakar di Pondok Indah

Untuk replika tersebut, menurut data dari laman Samsat-pkb2.jakarta.go.id, Selasa (27/7/2021), Ford Mustang yang terbakar itu menggunakan mesin 3.6 liter dan diproduksi tahun 1966.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com