Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Aktivasi Kartu Tarif Khusus Penumpang Batik Solo Trans

Kompas.com - 24/08/2023, 18:01 WIB
Selma Aulia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Batik Solo Trans (BST) menjadi layanan angkutan cepat yang beroperasi di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Adanya BST ini diharapkan dapat menjangkau daerah yang tidak dapat diakses kendaraan umum lainnya.

Terdapat tarif khusus Batik Solo Trans untuk tiga golongan, yaitu pelajar/mahasiswa, lansia, dan penyandang disabilitas/berkebutuhan khusus.

Untuk bisa memanfaatkan tarif khusus ini, penumpang Batik Solo Trans perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Baca juga: Cegah Maling, Motor Batangan Juga Bisa Pasang Immobilizer

Potret kondisi lalu lintas di Jalan Slamet Riyadi Kota Solo, yang dilewati sepeda motor, mobil, dan bua Batik Solo Trans (BST).KOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati Potret kondisi lalu lintas di Jalan Slamet Riyadi Kota Solo, yang dilewati sepeda motor, mobil, dan bua Batik Solo Trans (BST).

Fafa, staf Dinas Perhubungan Kota Surakarta, menjelaskan syarat yang perlu disiapkan jika ingin melakukan aktivasi Kartu Khusus Penumpang BST.

"Untuk (aktivasi) anak-anak membawa KIA (kartu identitas anak) dan kartu uang elektronik, untuk lansia bawa KTP dan kartu uang elektronik," ungkap Fafa yang ditemui Kompas.com di MPP Jenderal Sudirman Surakarta, Kamis (24/8/2023).

Selain itu, Fafa juga mengatakan, untuk anak-anak usia bawah tujuh tahun itu masih gratis, dan untuk lansia berumur 60 tahun ke atas juga gratis.

"Perlu diperhatikan untuk lansia, usianya harus di atas 60 tahun, karena masih masih banyak yang dateng ke sini namun umurnya belum 60 tahun," ujar Fafa.

Untuk anak-anak pendaftaran bisa diwakilkan oleh orang tuanya dengan memberikan bukti foto anak dengan KIA yang dimiliki.

Baca juga: Motor Listrik Dianggap Jadi Salah Satu Solusi Tekan Polusi

Bus Batik Solo Trans (BST) yang beroperasi di Jalan Slamet Riyadi Kota Solo Jawa TengahKOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati Bus Batik Solo Trans (BST) yang beroperasi di Jalan Slamet Riyadi Kota Solo Jawa Tengah

Sementara itu, ada cara online untuk mendaftar tarif khusus Batik Solo Trans ini, berikut caranya:

1. Penumpang yang termasuk dalam tiga golongan yaitu pelajar/mahasiswa, lansia dan panyandang disabilitas/ berkebutuhan khusus dapat mendaftar dengan membuka tautan http://bit.ly/pendaftaran-tarif-khusus.

2. Penumpang mengisi formulir dengan data diri untuk membuat akun user dan password.

3. Penumpang akan mendapatkan notifikasi akun melalui email.

4. Penumpang memasukkan profil data pengguna kartu dan nomor kartu uang elektronik bank.

5. Penumpang menunggu proses verifikasi data yang merupakan proses validasi data.

6. Penumpang mendapat notifikasi verifikasi melalui email.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com