Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Maling, Motor Batangan Juga Bisa Pasang Immobilizer

Kompas.com - 24/08/2023, 13:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor batangan atau sport kadang juga masih menjadi incaran maling walau yang ngetren sekarang adalah model skutik. Cuma, untuk mengamankan motor bukan cuma pakai gembok, bisa juga dipasang sistem immobilizer.

Misal seperti paket yang ditawarkan oleh bengkel Honzuyaka di Cibinong, tersedia paket modifikasi tambah immobilizer motor. Sistemnya diambil dari keyless yang ada di skutik Honda, seperti PCX, Vario, atau ADV.

Mulyono, pemilik bengkel Honzuyaka mengatakan, untuk motor batangan, sistem kerjanya jadi harus mendekatkan remot keyless ke motor kalau misal mau menyalakan motornya.

Baca juga: Motor Listrik Dianggap Jadi Salah Satu Solusi Tekan Polusi

Honda CB150XKOMPAS.com/Adityo Wisnu Honda CB150X

"Tetap pakai kunci bawaan, kalau remotnya enggak ada atau jauh, speedo menyala tapi distarter enggak akan mau," kata Mulyono kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jadi remote tadi harus berdekatan dengan kuncinya, baru mesin motor bisa dinyalakan. Jika ada aksi maling yang membobol rumah kunci, cuma bisa dikontak on saja, mesin tetap tidak bisa menyala.

"Untuk harga motor batangan Rp 1,8 juta, Honda, Yamaha bisa semua dan sama saja," ucap Mulyono.

Baca juga: Resmi Kembali ke Indonesia, Ford Motors Umumkan Nakhoda Baru


Selain jadi pengaman tambahan, paket yang ditawarkan Mulyono juga termasuk alarm. Jadi kalau motor tersenggol saat alarm aktif, maka akan keluar suara yang nyaring.

Pemasangan tambahan pengaman ini bisa mengurangi risiko motor dibawa maling. Selain itu kalau diakal-akali agar bisa menyala, tentu akan sulit prosesnya, maling tidak akan sempat jadi keburu ketahuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com