Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Dianggap Jadi Salah Satu Solusi Tekan Polusi

Kompas.com - 24/08/2023, 12:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Peralihan moda transportasi yang ramah lingkungan, seperti sepeda motor listrik, dianggap jadi salah satu upaya menekan polusi udara yang sedang ramai dibicarakan belakangan ini.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, kontribusi kendaraan bermotor dengan bahan bakar fosil terhadap polusi udara lebih dari 50 persen. Apalagi dalam kondisi saat ini di mana masyarakat telah kembali beraktivitas normal.

"Karenanya kami mengajak masyarakat beralih menggunakan kendaraan listrik. Kalau penggunaannya menjadi masif, diharapkan dapat menurunkan polusi yang terjadi di kota-kota besar," kata Budi dalam keterangan resminya, beberapa waktu lalu.

Untuk mencapai hal tersebut, Budi menjelaskan perlu dilakukan beberapa langkah yang tak hanya dari sisi pemerintah saja, tapi juga produsen kendaraan listrik.

Baca juga: Warganet Tidak Setuju Kendaraan Listrik Jadi Solusi Soal Polusi

Salah satu upaya yang disarankan adalah membuat spesifikasi baterai yang standar dengan tujuan agar memudahkan masyarakat.

 

Tak hanya itu, diharapkan ekosistem kendaraan listrik dapat terus dibangun sehingga kualitas kendaraan listrik semakin baik dengan harga yang terjangkau.

Menanggapi hal ini, Direktur Utama PT Terang Dunia Internusa (TDI) produsen motor listrik United E-Motor Stephen Mulyadi, cukup optimis penggunaan kendaraan listrik mampu mengurangi polusi udara, khususnya di DKI Jakarta.

Stephen menjelaskan, tercatat pada 2022 jumlah motor konvensional atau pengguna BBM di Jakarta lebih dari 17 juta unit. Kondisi tersebut menjadi salah satu penyumbang pencemaran udara atau polusi.

Menhub berkendara motor listrikKEMENHUB Menhub berkendara motor listrik

"Untuk itu, peralihan sepeda motor BBM ke sepeda motor listrik akan cenderung mengurangi polusi udara secara signifikan," ujar Stephen dalam keterangan resminya, Kamis (24/8/2023).

Baca juga: Harga Lebih Murah, Wuling Air ev Lite Jadi Ancaman LCGC?

Merujuk pada Situs IQAIR.com, kualitas udara DKI Jakarta tembus angka 152 AQI US pada Senin (14/08/2023). Sedangkan di hari berikutnya mencapai 162 AQI US yang menempatkan Jakarta pada urutan kedua kota dengan polusi terburuk di dunia.

Motor listrik United E3 dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Motor listrik ini kerjasama United e-motor dengan Hyundai Motors dari Korea Selatan.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor listrik United E3 dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Motor listrik ini kerjasama United e-motor dengan Hyundai Motors dari Korea Selatan.

TDI sendiri sampai saat ini telah memiliki empat motor listrik United E-Motor, yaitu T-1800, TX-1800, TX3000, dan MX-1200. Fokus pengembangan TDI pada produk yang ramah lingkungan juga dibekali teknologi terkini dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com