Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Ramai Kasus Rangka Motor Honda Berkarat, YLKI Minta AHM Klarifikasi | Lebih Baik Pasang Immobilizer atau Keyless buat Cegah Maling Motor?

Kompas.com - 24/08/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) ikut menanggapi kasus yang sedang ramai dialami pemilik motor Honda.

Seperti diketahui, beberapa konsumen melalui media sosial mengeluhkan rangka eSAF mengalami karat hingga akhirnya patah ketika digunakan.

Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Agus Suyatno mengatakan, pihaknya telah menerima aduan dari masyarakat terkait kasus rangka motor Honda yang keropos.

Selain itu, teknologi keyless dan immobilizer sekarang sudah bisa ditemui di motor keluaran pabrikan. Selain itu, bengkel juga ada yang menyediakan paket modifikasi, dari kunci biasa ke keyless dan immobilizer.

Kalau misal mau pasang keyless, lebih baik sekalian yang ada immobilizer atau tidak? Mulyono, Pemilik Bengkel Honzuyaka Keyless, mengatakan, pemasangan immobilizer atau tidak tergantung dari kebutuhan konsumen.

Baca juga: Ini Syarat Ganti Rangka Motor Honda yang Keropos di Bengkel Resmi

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 23 Agustus 2023 :

1. Ramai Kasus Rangka Motor Honda Berkarat, YLKI Minta AHM Klarifikasi

Rangka eSAF yang dipakai Honda GenioFoto: dok.AHM Rangka eSAF yang dipakai Honda Genio

YLKI mencatat, pengaduan banyak datang lewat media sosial, di mana banyak yang menyebut akun resmi organisasi pada beberapa posting gambar ataupun video terkait kejadian rangka eSAF. Selain itu, ada juga beberapa laporan yang masuk melalui email resmi YLKI.

“Kami (YLKI) sedang bersurat ke PT Astra Honda Motor (AHM) untuk meminta klarifikasi hal tersebut,” ujar Agus, kepada Kompas.com, Selasa (22/8/2023).

Baca juga: Ramai Kasus Rangka Motor Honda Berkarat, YLKI Minta AHM Klarifikasi

2. Lebih Baik Pasang Immobilizer atau Keyless buat Cegah Maling Motor?

Modifikasi kunci Honda BeAT jadi keyless Kompas.com/Fathan Modifikasi kunci Honda BeAT jadi keyless

"Yang saya jual hanya keyless, immobilizer-nya belum ada. Jadi tergantung permintaan, mau pasang apa enggak," kata Mulyono kepada Kompas.com, Selasa (22/8/2023).

Biasanya, Mulyono menjelaskan bedanya antara keyless yang belum pakai immobilizer dan juga sudah. Namun, biasanya setelah dijelaskan, kebanyakan orang memilih tanpa immobilizer.

Baca juga: Lebih Baik Pasang Immobilizer atau Keyless buat Cegah Maling Motor?

3. Hitung Skema Cicilan Mitsubishi XForce dan Honda HR-V

Adu desain Mitsubishi XForce dan Honda HR-VKompas.com Adu desain Mitsubishi XForce dan Honda HR-V

Mobil jenis sport utility vehicle (SUV) ringkas saat ini cukup banyak diminati di Tanah Air. Selain memiliki desain yang gagah, biasanya mobil ini juga dibekali dengan performa mesin yang bertenaga.

Tak heran jika setiap pabrikan kendaraan roda empat berlomba-lomba untuk menghadirkan produk yang berkualitas dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com