Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kencan Singkat dengan MG New ZS EV, Cocok buat Perkotaan

Kompas.com - 21/08/2023, 18:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MG Motor Indonesia resmi memperkenalkan New ZS EV pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Meski belum mengumumkan harga, tapi mobil ini sudah bisa dicoba.

Redaksi Kompas.com pun tak mau ketinggalan untuk mendapatkan impresi berkendara dari SUV listrik ini. New ZS EV sebelumnya sudah sempat dipamerkan pada GIIAS 2022, tapi baru kali ini resmi diluncurkan.

Baca juga: Baru Meluncur, New MG ZS EV Diklaim Laku 256 Unit

Secara desain, bagian eksteriornya terlihat sangat modern. Bentuk lampunya yang tajam juga memberikan kesan yang agresif. Apalagi, lampunya juga sudah dilengkapi LED Daytime Running Light (DRL).

Test drive mobil listrik MG New ZS EVKompas.com/Donny Test drive mobil listrik MG New ZS EV

Bagian depan juga sangat mencirikan mobil listrik dengan grille-less design alias tanpa grille. Pada bagian depan juga terdapat charging port.

Melihat ke bagian samping, kesan futuristik diperlihatkan oleh bagian kaki-kakinya. Pelek berukuran 17 inci dihiasi dengan aero wheel cover.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap New MG ZS EV yang Dipamerkan di GIIAS 2023

Bagian belakang juga terlihat dinamis. Desain lampu belakang seolah-olah memberikan kesan tiga dimensi dengan teknologi LED.

Peluncuran MG ZS EV di GIIAS 2023IST Peluncuran MG ZS EV di GIIAS 2023

Saat masuk ke kabin, ruang yang disediakan di bangku pengemudi cukup lapang. Redaksi Kompas.com yang memiliki postur 157 cm tidak menemukan kesulitan berada di balik setir New ZS EV.

Tombol-tombol pada dasbor dan pengaturan lainnya terjangkau semuanya. Tuas transmisinya menggunakan kenop putar yang ditempatkan pada konsol tengah.

Untuk mendapatkan posisi berkendara yang ergonomis juga tidak sulit pada New ZS EV ini. Meskipun, pengaturannya masih manual, belum elektrik.

Interior New MG ZS EVKompas.com/Donny Interior New MG ZS EV

Saat dipakai melaju, akselerasi yang dihasilkan cukup baik. Torsinya terasa mulus, tidak langsung mengentak. Sayangnya, lokasi test drive tidak memungkinkan untuk memacu mobil ini dalam kecepatan tinggi.

Untuk bagian suspensi, dirasa sedikit kaku pada bagian belakangnya. Namun, masih bisa ditoleransi atau tidak sampai pada tahap yang mengganggu.

Test drive mobil listrik MG New ZS EVKompas.com/Donny Test drive mobil listrik MG New ZS EV

Terkait visibilitas, semuanya dirasa optimal. Pandangan ke depan, ke samping, ke belakang, tidak ada sesuatu yang menghalangi atau mengganggu.

MG membekali New ZS EV dengan baterai berkapasitas 50,3 kWh. Dengan baterai tersebut, mobil listrik diklaim dapat menempuh jarak hingga 403 km.

Secara keseluruhan, New ZS EV sangat mumpuni untuk dijadikan teman berkendara harian. Sekarang, tinggal menunggu MG Motor Indonesia untuk mengumumkan harganya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com