Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangka Patah Bisa Terjadi pada Motor Apa Saja, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 21/08/2023, 17:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Perbincangan soal rangka motor patah akibat korosi, masih ramai di media sosial.

Bahkan banyak yang akhirnya membandingan motor Honda lain yang lebih tua, tapi tidak mengalami patah rangka seperti pada motor-motor yang menggunakan rangka eSAF.

Rupanya, rangka motor bisa mengalami patah, tidak hanya pada jenis rangka eSAF milik Honda saja. Hal ini berkaitan erat dengan gaya pemakaian dan kebiasaan buruk pengguna yang abai terhadap kesehatan motor.

Beberapa penyebab rangka motor patah bisa karena beban muatan yang terlalu berat, benturan dan keropos. Keropos ini bermula dari adanya korosi yang dibiarkan, sehingga lama kelamaan akan membuat material rangka melemah. Simak penjelasan selengkapnya dari ahli berikut!

Tangkapan layar video rangka motor Honda beat patah.Instagram Tangkapan layar video rangka motor Honda beat patah.

Baca juga: Agar Terhindar dari Keropos, Pemilik Motor Honda Disarankan Cek Rangka ke AHASS

Ahli mesin Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Jayan Sentanuhady, menjelaskan bahwa rangka eSAF adalah struktur brand milik Honda. Rangka tersebut berfungsi untuk menopang beban penumpang, mesin, dan alat-alat aksesoris.

"Ya, seperti pada umumnya rangka," kata Jayan kepada Kompas.com, Selasa (15/8/2023).

Disinggung soal penyebab eSAF yang disebut-sebut mudah patah seperti dikatakan netizen Jayan mengatakan bahwa rangka dari merek apapun akan patah bila menopang beban melebihi kekuatan struktur.

Kekuatan struktur saat patah tidaklah sama dengan kekuatan struktur ketika motor keluar dari pabrik. Hal tersebut disebabkan oleh pemakaian motor yang sudah lama sehingga terjadi proses korosi yang menyebabkan material menjadi lebih tipis atau lapuk.

Baca juga: Cara Mengatasi Rangka eSAF Skutik Honda yang Patah dan Berkarat

Sehingga ketika mendapat beban berat atau menerima benturan dari permukaan jalan akan membuat rangka lebih mudah patah.

"Ada juga kemungkinan strukturnya sudah fatigue (kelelahan material)," jelas Jayan.

Jayan juga mengungkapkan, ada beberapa faktor yang menyebabkan rangka sepeda motor berkarat. Salah satu kemungkinannya adalah motor yang digunakan di daerah pesisir laut mengalami korosi sehingga pengeroposan terjadi lebih cepat.

Tak hanya itu, rangka yang keropos juga bisa disebabkan oleh bekas las yang secara alami biasanya cepat berkarat walau motor tidak digunakan di daerah pantai.

Baca juga: AHM Tanggapi Kejadian Rangka Honda Beat Patah dan Berkarat

Jayan juga membeberkan beberapa cara untuk mencegah rangka sepeda motor agar tidak patah, salah satunya tidak membebani motor dengan beban secara berlebihan. Termasuk berboncengan tiga orang, membawa barang yang berat,dan sebisa mungkin untuk tidak melibas lubang di jalan dengan kecepatan tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com