Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Mobil Listrik Premium untuk Pejabat Pemprov DKI Jakarta

Kompas.com - 21/08/2023, 14:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pejabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, telah mewajibkan pejabat Pemprov DKI Jakarta untuk menggunakan kendaraan listrik, baik roda empat atau roda dua.

Alasan dari instruksi tersebut adalah untuk memperbaiki kualitas udara Jakarta, yang sebagaimana diketahui, kulaitasnya sangat menurun dalam kurun waktu beberapa hari terakhir.

Budi menyampaikan keputusan tersebut setelah rapat bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, perihal masalah kualitas udara Jakarta yang buruk, Jumat (18/8/2023).

Baca juga: Cerita Wika Salim Gagal Beli Mobil Listrik, Efek Inden Terlalu lama

Booth Lexus di GIIAS 2023Kompas.com/Fathan Booth Lexus di GIIAS 2023

“Nanti pegawai DKI eselon 4 ke atas harus menggunakan kendaraan listrik, minimal motor listrik," ucap Heru, dikutip dari Kompas.com, Senin (21/8/2023).

Aturan ini akan berlaku secepatnya, dan diwajibkan bagi pejabat eselon 4 ke atas di lingkup Pemprov. Adapun regulasi detailnya akan dibahas dalam waktu dekat

Terkait pilihan mobil listrik, ada beberapa opsi yang sudah bisa dipilih sebagai kendaraan kerja. Spesifikasinya cukup beragam, bahkan sudah ada model performa tinggi dengan harga premium.

Baca juga: Gaikindo Dukung Pemberian Insentif untuk Mobil Hybrid

Hyundai Ioniq 5 di Jakarta Fair 2023KOMPAS.com/Daafa Alhaqqy Hyundai Ioniq 5 di Jakarta Fair 2023

Redaksi telah merangkum opsi mobil listrik premium dengan spesifikasi dan banderol tinggi yang saat ini sudah bisa dibeli, berikut daftarnya :

1. Hyundai Ioniq 5 (Mulai Rp 748 juta)

Pilihan pertama, ada Hyundai Ioniq 5 yang popularitasnya cukup tinggi karena sudah dikenalkan sejak tahun lalu. Spesifikasinya terbilang mumpuni dan memasuki segmen premium.

Mobil listrik asal Korea Selatan ini mengusung Liquid cooled Lithium Ion dengan dua variasi. Baterai standard range memiliki kapasitas sebesar 58.000 wh dengan modul baterai sebanyak 24 pack dan jumlah 288 sel.

Sedangkan kapasitas baterai long range 72.000 wh dengan modul 30 pack dan jumlah 360 sel baterai.

Untuk daya jelajah, tipe standard range bisa menempuh jarak 384 Km, sedangkan tipe long range mampu berjalan sejauh 451 Km.

Baca juga: Harga PHEV Mahal, Toyota Optimistis Jualan RAV4 GR Sport PHEV

Mobil listrik Toyota bZ4XKompas.com/Sendy Mobil listrik Toyota bZ4X

2. Toyota BZ4X (Rp 1,19 miliar)

Toyota juga sudah mulai memasarkan mobil listriknya di Indonesia, dimulai dari BZ4x. Membawa desain crossover 5 seater dengan kabin lapang.

Baterai yang digunakan cukup besar, yakni jenis lithium ion kapasitas 71.400 wh. Klaim daya jelajahnya sejauh 405,5 kilometer, dengan daya dinamo 150.000 watt

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com