Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Bus Double Decker Tentrem, Avante D2 Facelift

Kompas.com - 20/08/2023, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri Tentrem pada GIIAS 2023 membawa bus barunya, yakni Avante D2 Facelift. Secara tampilan, memang terlihat sama saja, tapi ada detail baru, bahkan dimensinya berubah.

Pertama di bagian depan, cowl atau bumper mengikuti model baru yang sebelumnya sudah dipakai di Avante H Series Facelift. Tampilan depannya jadi makin garang kalau kami lihat, apalagi dipadukan dengan model lampu yang agresif.

Beralih ke bagian sampaing, pada ornamen di tengah kaca atas dan bawah, modelnya baru. Selain itu kalau dilihat ornamennya mirip dengan Avante lain, cuma ukurannya jauh lebih besar.

Baca juga: Spesifikasi Bus Tingkat Baru Laksana, SR3 Double Decker Ultimate Milik Rosalia Indah dan Harapan Jaya

Bus tingkat Avante D2 Facelift Kompas.com/Fathan Bus tingkat Avante D2 Facelift

Bukan itu saja, ternyata di Avante D2 facelift ini berubah secara dimensi, terutama tinggi. Awalnya Avante D2 tingginya empat meter lebih sedikit, sekarang jadi 4,1 meter.

Memang soal ukuran ini tidak terlihat atau kasat mata, tapi efeknya bisa dirasakan penumpang di kabin. Dek bawah dibuat lebih tinggi, redaksi yang tingginya sekitar 180cm ini tidak perlu terlalu menunduk, seperti di D2 sebelum facelift.

Untuk bus yang dibawa Tentrem, bagian bawahnya memakai bangku priority, atau sleeper khas Tentrem. Tersedia enam bangku sleeper, dengan sandaran yang bisa direbahkan ditambah adanya sistem hiburan.

Baca juga: Avanza-Veloz Dominasi Penjualan Toyota di GIIAS 2023

Kabin bus tingkat Avante D2 Facelift Kompas.com/Fathan Kabin bus tingkat Avante D2 Facelift

Beralih ke bagian atas, pada unit pameran ini menggunakan bangku super eksekutif. Artinya, susunan bangku dibuat dua kanan, satu kiri, bangkunya juga super lebar, nyaman buat perjalanan jauh.

Saat redaksi coba, bangku di atas sangat nyaman, ada sandaran kaki juga yang menopang dengan baik. Rasanya bisa jalan jauh kalau sudah naik bus ini.

Untuk unit D2 buatan Tentrem ini sudah laku, akan dioperasikan oleh Harapan Jaya. Sasis yang dipakai adalah Scania K410 dengan spesifikasi yang sudah Euro 5.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com