Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Spesifikasi Mobil Listrik Murah Seres E1 dan Wuling Air EV Lite

Kompas.com - 19/08/2023, 14:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Perang dua pabrikan asal China terjadi di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Seres resmi melansir harga Seres E1 dan Wuling melansir Wuling Air EV Lite.

Seres punya dua varian yakni B-Type seharga Rp 189 juta dan L-Type seharga Rp 219 juta on the road (OTR) Jakarta. Saat pengumuman harga Seres A1 B-Type langsung jadi mobil listrik termurah sebelum Wuling melansir Air EV Lite.

Baca juga: Modifikasi Gelora E di GIIAS 2023, Tampil Premium dengan Captain Seat

Di pertengahan pameran, Wuling kemudian membawa Air EV Lite. Mobil ini merupakan versi paling terjangkau untuk Air EV.

Banderolnya R 206.000 tapi karena subsidi PPN 10 persen jadi Rp 188,9 juta. Artinya head to head dengan Seres E1 B-Type.

Wuling Air ev Lite dipamerkan di GIIAS 2023Dok. Wuling Wuling Air ev Lite dipamerkan di GIIAS 2023

Bicara spesifikasi, eksterior E1 tampil cukup elegan dan modern. Terlihat dari lampu depan yang sudah menggunakan model proyektor dan dilengkapi Daytime Running Light (DRL).

E1 memiliki panjang 3.030 mm, lebar 1.495 mm, dan tinggi 1.640 mm. Sementara jarak sumbu rodanya 1.960 mm dan jarak terendah ke tanah mencapai 135 mm.

Pada E1, tampilan dasbor terlihat sederhana. Untuk type-B tidak mendapat layar yang di tengah dasboard hanya layar di belakang setir untuk panel meter.

Pada sisi kaki-kaki, memakai MacPherson di depan dan torsion beam multilink di belakang. Pelek yang digunakan 13 inci dan sudah alloy, bukan kaleng dengan finish diamond cutting.

Baca juga: Tepis Ribet, Pemilik Mobil Suzuki Bisa Servis di Rumah Saja

Test drive mobil listrik murah Baru, Seres E1, di GIIAS 2023 Kompas.com/Daafa Alhaqqy Test drive mobil listrik murah Baru, Seres E1, di GIIAS 2023

Untuk tipe baterai yang digunakan adalah Lithium Iron Phosphate dan sudah memenuhi IP67. Kapasitas baterainya 16,8 kWh dan untuk B-Type bisa dipacu hingga 180 km.

Sedangkan untuk Air EV Lite, desainnya terlihat lebih futuristik. Bentuknya lebih kotak daripada Seres E1, tapi Air EV sudah lebih lama sehingga desainnya terlihat lebih familia.

Air EV Lite hanya memiliki layar di setir berbeda dengan varian Long range yang memiliki dua layar dengan ukuran yang lebih besar.

Dimensi Air EV Lite memiliki panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm, dan tinggi 1.631 mm. Untuk jarak sumbu rodanya, tercatat 2.010 mm dengan jarak terendah ke tanah 135 mm.

Baca juga: Bisnis Makanan Beku Meningkat Dorong Pasar Kendaraan Niaga

Wuling resmi melansir Wuling Air EV Lite di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.Foto: Wuling Wuling resmi melansir Wuling Air EV Lite di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Menyoal spesifikasi teknis, Air ev Lite dibekali baterai Lithium Ferro-Phosphate berkapasitas 18 kWh yang memiliki daya jelajah hingga 200 kilometer untuk satu kali pengisian baterai.

Tipe inipun mengaplikasikan unsur easy home charging yang memberikan kemudahan dalam pengisian daya dimanapun bahkan di rumah dengan daya minimal 2.200 Watt.

Baterai yang dipakai pada Air ev Lite juga dijamin keamanannya dengan standar IP67 dan telah melalui pengujian dalam berbagai kondisi ekstrem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com