Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Mobil Listrik China, Neta V dan Wuling Air EV

Kompas.com - 19/08/2023, 09:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


TANGERANG, KOMPAS.com - Ada berbagai mobil listrik yang meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Dari sekian nama ada dua yang cukup menarik, yaitu Wuling Air EV Lite dan Neta V.

Kedua merek asal China itu hadir dengan keunggulan produk yang tidak dimiliki merek lain asal Korea, Jepang atau Eropa, yaitu harga terjangkau fitur lumayan berlimpah.

Kendati antara Air EV Lite dan Neta V pada dasarnya beda segmen namun tetap bisa dikomparasi. Parameternya ialah waktu peluncuran di GIIAS 2023, dan perbandingan harga serta fitur untuk calon konsumen.

Baca juga: Perbedaan Fitur Honda CR-V Hybrid di Indonesia dan Inggris

Wuling Air ev Lite dipamerkan di GIIAS 2023Dok. Wuling Wuling Air ev Lite dipamerkan di GIIAS 2023

Air EV Lite secara tampilan tidak beda dengan dua varian sebelumnya yaitu Air EV Standard Range dan Long Range. Mengenai desain tampilan Air EV lebih "kota" karena kecil dengan desain mengotak.

Air EV Lite menjadi varian paling terjangkau bagi konsumen yang tengah mencari mobil listrik untuk kendaraan operasional ataupun sebagai partner mobilitas harian.

Air EV Lite dibanderol dengan harga Rp 206.000.000 on the road (OTR) Jakarta, namun karena mendapatkan insentif PPN dari pemerintah maka konsumen dapat memilikinya cukup dengan Rp 188.900.000.

Baca juga: Daihatsu Raih Penjualan 117.000 Unit, Sigra Paling Laris

 Pengunjung yang tertarik bisa menjajal Neta V di area test drive. KOMPAS.com/Gilang Pengunjung yang tertarik bisa menjajal Neta V di area test drive.

Namun, karena dibuat lebih murah otomatis ada fitur yang disunat. Mulai dari airbag hanya satu di depan, juga tanpa punya voice command, kamera mundur, dan fitur Internet of Vehicle (IoV).

Wuling Air EV memiliki panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm, dan tinggi 1.631 mm. Air EV Lite menggunakan baterai 17,3 kWh dan bisa digunakan untuk jarak 200 kilometer.

Sedangkan, tampilan Neta V cukup modern dengan dimensi lebih besar dari Air EV Lite. Saat di jalan mobil tidak terlihat kecil. Mobil memiliki dimensi panjang 4.070 mm, lebar 1.690 mm, dan tinggi 1.555 mm dan jarak sumbu roda 2.420 mm.

Baca juga: MG Motors Janjikan Banyak Mobil Listrik Baru di Tahun 2024

Wuling Air EV Lite Kompas.com/Claudia Wuling Air EV Lite

Lampu depannya agresif namun bagian gril polos dan bumper depan tampil manis dan minimalis. Bagian kap mesin juga "licin" yang membuat fasia depan mengingatkan Tesla Model X.

Kabinnya cukup modern dengan bagian dashboard simpel. Panel instrumen lebar 12 inci memajang. Interiornya tidak dijejali tombol-tombol, digantikan layar sentuh layar 14,6 inci yang terletak di tengah.

Baterai Neta V berkapasitas 38,54 kWh dengan jarak tempuh hingga 401 Km sekali isi daya yakni dua kali lipat dari Air EV Lite. Neta V dibanderol Rp 379 juta dan sudah bisa dipesan di GIIAS 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com