Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Spesifikasi Mobil Listrik Chery Omoda 5 EV di GIIAS 2023

Kompas.com - 12/08/2023, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Chery Sales Indonesia (CSI) meramaikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 dengan memamerkan Omoda 5 EV. Mobil listrik ini punya spesifikasi yang tak kalah dari mobil listrik lainnya.

Zheng Shuo, Assistant President PT CSI, mengatakan, Omoda 5 EV memiliki kemampuan pengisian daya cepat atau fast charging. Untuk pengisian dari 30 persen hingga 80 persen, hanya butuh waktu 35 menit.

Baca juga: Indonesia Bakal Jadi Basis Produksi Chery Omoda 5 EV

"Sekali pengisian, Omoda 5 EV bisa menempuh jarak hingga 450 kilometer, dengan kondisi baterai penuh," ujar Zheng, dalam sambutannya, Kamis (11/8/2023).

Mobil listrik Chery Omoda 5 EV atau Omoda EV akan dipamerkan di GIIAS 2023Kompas.com/Adityo Mobil listrik Chery Omoda 5 EV atau Omoda EV akan dipamerkan di GIIAS 2023

Zheng menambahkan, Omoda 5 EV juga sangat irit. Efisien penggunaan dayanya diklaim hanya menghabiskan 15 kWH untuk menempuh jarak 100 kilometer.

Dari sisi eksterior, tampilannya tidak jauh berbeda dengan Omoda 5 yang dibekali mesin konvensional. Bagian lampu depan sudah LED, dan di atasnya juga terdapat LED Daytime Running Light. Tampilannya juga terkesan kekar dengan penggunaan roda berdiameter 18 inci.

Baca juga: Belum Ada Harganya, tapi Chery Omoda 5 EV Sudah Bisa Dipesan

Selain itu, atapnya juga sudah dilengkapi dengan sunroof. Lalu, di atas kaca belakang disematkan spoiler yang terintegrasi dengan high mount stop lamp.

Mobil listrik Chery Omoda 5 EV atau Omoda EV akan dipamerkan di GIIAS 2023Kompas.com/Adityo Mobil listrik Chery Omoda 5 EV atau Omoda EV akan dipamerkan di GIIAS 2023

"Di bagian dalam, Omoda 5 EV sudah dibekali dengan layar melengkung berukuran 24,6 inci. Kemudian, terdapat juga 64 ambient light," kata Zheng.

Zheng menambahkan, crossover listrik ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Intelligent Voice Assistant dan Driver Monitor System.

Menko Airlangga Hartarto bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang berpose bersama Chery Omoda EVKOMPAS.com/Claudia Menko Airlangga Hartarto bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang berpose bersama Chery Omoda EV

Lalu, hadir pula fitur Vehicle to Load (V2L), yang memungkinkan mobil menjadi sumber listrik untuk perangkat elektronik rumahan, seperti TV, kipas angin, mengecas ponsel dan laptop, dan lainnya.

Zheng mengatakan, kepintaran teknologi yang dimiliki Omoda 5 EV berkat disematkannya chip Qualcomm 8155. Tentunya, mobil listrik ini telah dilengkapi beragam fitur keselamatan aktif dari teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang dimilikinya.

Omoda 5 EV tampil di GIIAS 2023KOMPAS.com/DONNY Omoda 5 EV tampil di GIIAS 2023

Soal keamanan, Omoda 5 EV juga mendapatkan hasil yang baik untuk tes tabrak dengan meraih bintang lima Australasian New Car Assessment Program (ANCAP).

Namun, Omoda 5 EV baru akan dipasarkan tahun depan. Rencananya, Chery baru akan memulai perakitannya secara lokal pada Januari 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com