Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Toyota GR Corolla yang Tampil di GIIAS 2023

Kompas.com - 12/08/2023, 10:32 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


TANGERANG, KOMPAS.com - Toyota Astra Motor (TAM) resmi melansir Toyota GR Corolla di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Namun, mobil sport hatchback itu belum dijual untuk umum.

Pihak Toyota Indonesia mengatakan, harga resmi GR Corolla baru akan tersedia paling cepat akhir tahun ini atau awal tahun 2024. Toyota juga belum mengonfirmasi berapa unit yang tersedia untuk Indonesia.

Baca juga: Motor Listrik ION Mobility Cuma Dipamerkan di GIIAS 2023

Untuk diketahui, GR Corolla lahir kembali berdasarkan keinginan kuat untuk menghadirkan Corolla dengan definisi yang lebih modern, yaitu mobil yang memiliki performa tinggi dan tersedia untuk umum.

Mesin 1.600cc 3 Silinder Toyota GR CorollaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Mesin 1.600cc 3 Silinder Toyota GR Corolla

Toyota mengatakan, pengembangan GR Corolla mengusung konsep pembangunan mobil balap yang menjanjikan kenikmatan dalam berbagai situasi. Namun karena punya empat pintu mobil ini juga enak dipakai untuk aktivitas harian.

Toyota menyebut prototipe GR Corolla tidak hanya diuji di sirkuit balap, tetapi juga di jalan tanah dan tertutup salju yang sangat menantang.

Bicara eksterior, tampilan luarnya dapat dikatakan ekstrem dengan aplikasi body kit agresif dilengkapi kisi udara besar untuk pendingin dan aerodinamika.

Baca juga: Dalih Honda Belum Memproduksi Lokal All New CR-V Hybrid

Dashboard GR CorollaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Dashboard GR Corolla

Keunggulannya yaitu kap mesin, pintu belakang, dan panel pintu menggunakan bahan aluminium. Adapun untuk bagian atap pakai carbon fiber-reinforced plastic yang dibentuk menggunakan metode compound moulding.

Baca juga: Akhir Pekan ke GIIAS 2023, Cek Jadwal Shuttle Bus Gratis

GR Corolla megusung mesin turbo intercooler 3-silinder segaris 1.600 cc yang sama dengan milik GR Yaris. Namun mesin tersebut diseting ulang sehingga menghasilkan 299 tk pada 6.500 rpm, sedangkan GR Yaris hanya 268 tk pada 6.500 rpm.

Torsi yang dihasilkan mesin tersebut juga tidak main-main, jantung pacu bisa menghasilkan 370 Nm pada 3.000-5.550 rpm yang disalurkan ke transmisi manual 6-percepatan.

Tuas Transmisi Toyota GR CorollaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Tuas Transmisi Toyota GR Corolla

Untuk mengimbangi pembakaran yang tinggi, Toyota meningkatkan efisiensi knalpot dengan dengan Valve-equipped triple-exhaust muffler atau memakai tiga lubang knalpot.

Baca juga: Laksana Luncurkan Legacy SR3 Double Decker dan Tourista di GIIAS 2023

Banyaknya lubang knalpot ini mengurangi tekanan gas buang dan kebisingan sehingga mesin memberikan akselerasi yang luar biasa dan peningkatan putaran mesin yang lebih menyenangkan.

GR Corolla menggunakan sistem gerak roda GR-FOUR 4WD, yang juga terdapat pada GR Yaris. Namun praktiknya dioptimalkan lagi agar sesuai dengan spesifikasi GR Corolla.

Toyota GR Corolla resmi buka selubung di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.Foto: KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Toyota GR Corolla resmi buka selubung di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Tujuannya untuk menciptakan mobil yang dapat dikendalikan dengan aman, bahkan saat dikemudikan hingga batasnya, dan memberikan gaya penggerak depan dan belakang yang bervariasi.

4WD pada mode Drive GR Corolla mampu mengontrol respons akselerator, kemudi, dan lainnya secara terpisah sehingga pengemudi bisa memilih preferensi sesuai gaya menyetir atau kondisi jalanan.

Baca juga: PO SAN Jadi yang Pertama Pakai Bodi Jetbus 5 Adiputro

Stabilitas GR Corolla juga dioptimalkan dengan penggunaan pillow-ball bushings, shock absorbers dan per yang dioptimalkan serta wheel alignment yang sesuai dengan transmisi GR-FOUR.

Velg 20 Inci Toyota GR CorollaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Velg 20 Inci Toyota GR Corolla

Kelengkapan itu dapat memberikan performa tinggi saat mobil menikung sehingga membuatnya andal melibas rute pegunungan yang penuh tantangan.

GR Corolla mengadopsi platform Toyota Corolla Sport sehingga mewarisi stabilitas kecepatan tinggi dari jarak sumbu roda yang panjang.

GR Corolla menggunakan sumbu roda yang lebih lebar 60 mm di depan dan lebih lebar 85 mm di belakang. Menghasilkan manuver dan stabilitas terbaik pada kecepatan tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com